-->

Mengenal Tanaman Hias Lidah Mertua

Mengenal tanaman hias lidah mertua – Hampir semua orang menyukai tanaman hias. Tanaman hias ini lebih familiar disebut dengan bunga. Bunga hidup telah menjadi bagian pelengkap hiasan di dalam rumah (indoor) maupun luar rumah (outdoor). Terutama di teras dan halaman taman rumah. 

lidah mertua,sanseviera trifasciata,tanaman hias
Sanseviera trifasciata (Arnis/matrapendidikan.com)

Saat ini sudah sangat banyak jenis tanaman hias yang dapat ditanam dan dibudidayakan. Baik di tanah atau taman maupun di dalam wadah pot bunga. 

Baca : Mengenal Bunga Kamboja Bonsai Jepang
Dan, kali ini kembali diturunkan artikel info tentang tanaman hias. Tanaman hias yang ditanam di halaman rumah atau taman. Nama tanaman hias yang satu ini memang unik, lidah mertua (Sansevieria.L).

Bagi penggemar tanaman hias tentu saja sudah mengenal tanaman ini. Konon, tanaman hias ini berasal dari benua Afrika, kepulauan Madagaskar dan Asia Bagian Selatan. Pertama kali ditemukan oleh Pietro Antonio Sanseverino

Saat ini tanaman lidah mertua sudah berkembang di Indonesia karena memang perawatan dan pembudidayaannya sangat mudah.

Kenapa diberi nama lidah mertua? 

Dari Wikipedia diperoleh informasi penamaan ini karena tanaman hias ini memiliki bentuk daun yang tajam dan runcing di ujungnya. Tanaman hias lidah mertua dapat hidup pada kondisi sedikit air dan sedikit cahaya matahari.

Ada 5 jenis tanaman lidah mertua, yaitu sanseviera trifasciatasanseviera angolensis, sanseviera cylindrica, sanseviera intermedia, sanseviera enherbergii dan sanseviera hyacinthoides. Kelima jenis tanaman hias lidah mertua tersebut dikenal menghasilkan serat.

Tanaman hias lidah mertua termasuk tumbuhan monokotil dengan jenis tumbuhan berumah dua. Mudah tumbuh di halaman rumah sehingga tidak memerlukan perawatan khusus.

Sanseviera dikenal dengan tanaman yang mudah dibudidayakan sehingga bisa bernilai ekonomis. Hal ini karena sanseviera memiliki keanekaragaman ukuran, corak, warna dan bentuk daun. Sudah banyak orang tertarik dan berminat untuk membudidayakannya.

Keindahan struktur dan warnanya menjadikan lidah mertua menjadi lebih bernilai dan berkelas jika dibudidiayakan dalam pot dan disimpan di dalam ruangan. 

Tidak mengherankan jika sansieviera banyak menghias taman rumah, hotel dan ruang tempat mewah lainnya.

Lidah mertua termasuk tumbuhan herbal yang memiliki akar rimpang horizontal berwarna merah kuning. Daun berjumlah 2 sampai 6 helai per tanaman berbentuk garis yang menempit pada pangkal dengan ujung runcing.

Di Afrika, asal tanaman ini, sansieviera digunakan sebagai bahan pembuat benang, kertas, dan senar pancing. Hal ini karena adanya kandungan serat yang sangat kuat pada bagian daun.

Salah satu jenis sanseviera yang paling banyak ditanam dan mudah perawatannya adalah sanseviera trifasciata yang terkenal dengan sumber serat komersial karena memilii serat yang lembut, liat dan sangat elastis.

Sanseviera berakar serabut yang liar sehinga termasuk tanaman monokotil dimana akar tumbuh dari pangkal batang dan berbentuk serabut. 

Lihat juga : Mengenal Tanaman Hias Lidah Buaya
Demikian info singkat tentang tanaman hias sanseviera yang mudah dipelihara dan dibudidayakan***

0 Response to "Mengenal Tanaman Hias Lidah Mertua"

Posting Komentar