Akhirnya Sudah Mulai Terbiasa dengan Pembelajaran Daring?

Akhirnya sudah mulai terbiasa  dengan pembelajaran daring? - Hari ini Jumat (14/08/20) pendidik dan tenaga kependidikan di beberapa lembaga sekolah dan madrasah kembali bekerja dari rumah (Work From Home). Hal ini menyusul kasus Covid-19 yang meningkat di Kabupaten Tanah Datar.

Pembelajaran daring (pexels.com)

Kini sudah menjadi zona hijau mendadak zona kuning. Bahkan sampai Kamis siang, sudah 13 orang terkonfirmasi kasus Covid-19. Jumlah tersebut hanya dalam beberapa hari saja.

Pembelajaran secara daring penuh kembali dilaksanakan. Guru mengajar dan siswa belajar dari jarak jauh menggunakan perangkat dan fasilitas online.

Sepertinya pembelajaran daring mulai menjadi hal biasa bagi guru dan siswa. Kalaupun diterapkan secara mendadak, bukan masalah. Artinya, baik guru maupun siswa sudah dapat beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh dalam tatanan kehidupan new-normal.

Guru dan siswa sudah terlatih sejak beberapa bulan terakhir untuk menjalankan pembelajaran daring. Namun bukan berarti pembelajaran daring bisa dipermanenkan.

Pembelajaran daring masih bertarung dengan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan secara global. Selain itu juga tengah berjuang mengatasi masalah keterbatasan fasilitas, jaringan dan sumber daya manusia.

Di beberapa tempat tertentu masih terbelenggu masalah ketersediaan jaringan internet. Sementara di sisi lain, jaringan memadai namun penyediaan dan penggunaan fasilitas online mengalami kendala.

Agaknya, masalah tersebut juga akan menjadi biasa selama pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19.

Solusinya adalah sikap dan tindakan kolaboratif. Antar sesama siswa, sesama orangtua siswa dan guru perlu berkolaborasi mengatasi masalah pembelajaran daring.

Antar siswa dan antar orangtua siswa perlu saling membantu dalam mendukung proses belajar anak secara online.

Sementara pihak guru perlu menyikapi kendala yang dihadapi siswa dan orangtua siswa. Tindakan utama adalah mendata kondisi siswa yang terkendala masalah fasilitas dan akses internet.
Dengan demikian guru memberlakukan proses pembelajaran daring sesuai kondisi siswa dan orangtua siswa.***

0 Response to "Akhirnya Sudah Mulai Terbiasa dengan Pembelajaran Daring?"

Posting Komentar