Mengenal 8 Jenis Ikan di Talago Anguih Taluk

Mengenal 8 jenis ikan di talago anguih taluk - Lomba memancing ikan di objek wisata Talago Anguih Nagari Taluk Kab.Tanah Datar sudah memasuki Minggu II. Lomba yang digelar setiap hari Sabtu dan Minggu ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke- 75.

Ikan lambau (zon marolint/matrapendidikan.com)

Talago Anguih merupakan embung yang disulap menjadi telaga dan objek wisata air. Sebagai objek wisata air sudah dilengkapi dengan wahana permainan air.

Selain itu telaga dengan dasar berlumpur ini juga menjadi habitat ikan air tawar.Cocok untuk memancing ikan bagi pemancing mania. Termasuk untuk lomba memancing ikan.

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang dipelihara di Talago Anguih :

1.Ikan lambau

Ikan lambau sebutan nama ikan dari keluarga ikan emas. Ikan ini menjadi populer di kalangan masyarakat. Tidak salah kiranya kalau pemancing mania selalu mendapatkan ikan yang satu ini. Ikan lambau di Talago Anguih ada yang berbobot sampai 4 kg.

2.Ikan mujair

Ikan mujair (oreochromis mossambicus) memiliki ciri fisik bentuk badan yang agak pipih dan berwarna hitam atau keabu-abuan. Panjang ikan mujair bisa mencapai 40 cm.

3.Ikan gurami

Ikan gurami (osphronemus goramy) nyaris memiliki ciri fisik sama dengan mujair. Hanya saja bentuk tubuhnya yang pipih melebar. Sisik ikan gurami agak lebar dan rapat.

Ikan gurami memiliki daging yang padat dan tebal. Duri-duri tubuh yang berukuran besar terdapat pada tengah badannya.

4.Ikan nila

Jenis ikan air tawar lainnya yang memiliki kemiripan dengan mujair adalah ikan nila (oreochromis niloticus). Ikan nila cukup populer dan banyak dibudidayakan di Indonesia.

5.Ikan gabus

Ikan gabus (channa striata) memiliki bentuk tubuh yang cukup besar. Habitat hidupnya juga di sungai dan rawa. Ciri fisik ikan gabus yang unik adalah kepala mirip dengan ular. Ikan gabus sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

6.Ikan lele

Ikan lele  (clarias) memiliki bentuk tubuh yang licin dan tak bersisik. Tubuhnya panjang, bagian kepala cukup keras dengan bola mata yang kecil serta mulut yang lebar terletak di ujung moncong. Ada 4 pasang sungut peraba yang sangat berguna bagi lele ketika bergerak di perairan yang gelap.

7.Ikan limbat

Limbat (clarias nieuhofii) adalah sejenis ikan dari kerabat lele bertubuh panjang dan (umumnya) kekuning-kuningan.

Perbedaannya dengan lele hanya terletak pada warna dan corak tubuhnya, karena ikan limbat memiliki warna kecokelatan serta memiliki corak tutul kuning.

8.Ikan patin

Ikan patin (pangasius) adalah jenis ikan yang memiliki ciri fisik dan daging yang mirip dengan ikan lele.
Demikianlah gambaran singkat 8 jenis ikan yang ada di Talago Anguih Taluk Kab.Tanah Datar.***

0 Response to "Mengenal 8 Jenis Ikan di Talago Anguih Taluk"

Posting Komentar