Inilah 3 Jenis Tanaman Keladi Hias Tak Kalah Uniknya

Inilah 3 jenis tanaman keladi hias tak kalah uniknya  - Keladi menjadi tanaman hias yang cukup digemari saat ini oleh pencinta bunga dan masyarakat luas. Keladi merupakan kelompok tumbuhan araceae (suku talas-talasan) ini dapat dijadikan sebagai materi dekorasi dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor).

Keladi hias sekerabat dengan tumbuhan lain yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, yaitu talas (colocasua). Namun keladi ini memiliki umbi yang dapat dikonsumsi.

Keladi hias menjadi menarik karena bentuk dan warna daunnya bervariasi. Ada yang membentuk simbol hati dan jantung. Ada pula yang menyerupai tengkorak.

Begitu pula dengan warna daun yang bervariasi dan indah dipandang mata sehingga cocok dipandang mata.

Daun keladi hias mengandung lapisan lilin yang licin untuk mencegah penguapan air. Beberapa jenis keladi ini dipakai sebagai tanaman hias di pekarangan. 

Berikut 3 jenis keladi hias yang biasa ditaruh di teras atau pekarangan rumah.

1.Keladi tengkorak (Alocacia cuprea)

tanaman hias,bunga keladi,keladi tengkorak
Keladi tengkorak (matrapendidikan.com)

Keladi tengkorak ini memiliki tulang daun berwarna hijau tua yang menjorok ke dalam sehingga membentuk daun bergelombang seperti tulang rusuk (tengkorak) manusia.

Permukaan daun bagian atas licin, tanpa bulu dan berwarna hijau tua kehitaman. Permukaan daun bagian bawah berwarna merah keunguan. Sementara itu, tangkai daun berwarna hijau keputihan. 

2.Keladi kuping keledai (Alocasia polly)

bunga hias,kuping keledai,tanaman keladi
Keladi kuping keledai (matrapendidikan.com)


Keladi ini memiliki daun berwarna hijau tua bergaris tulang hijau keputihan. Daunnya berbentuk segitiga  memanjang dengan pangkal daun membentuk huruf V, ujung daun runcing bagian bawah berwarna merah keunguan ,dan tepi daun berlekuk.

3.Keladi wayang (Caladium alocasia)

tanaman hias,bunga hias,keladi wayang
Keladi wayang (matrapendidikan.com)

Bentuk keladi wayang ini cukup unik. Tanaman ini juga dikenal dengan nama keladi batik. Sebab daunnya memiliki motif atau corak yang menyerupai batik.

Terlihat manis dengan perpaduan warna pink dan hijau di setiap daunnya yang berbentuk hati serta didukung dengan batang berwarna kecoklatan semakin menambah daya tariknya.

Sangat cocok dijadikan sebagai hiasan luar ruangan, baik teras rumah atau pekarangan.

Demikian share 3 jenis keladi yang cukup unik dan patut dijadikan tanaman hias dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor).***

0 Response to "Inilah 3 Jenis Tanaman Keladi Hias Tak Kalah Uniknya"

Posting Komentar