Menjelang Lomba Mancing di Objek Wisata Talago Anguih

Menjelang lomba mancing di objek wisata talago anguih taluk - Objek wisata Talago Anguih kembali menjadi pusat perhatian masyarakat Nagari Taluk dan sekitarnya. Pasalnya, di objek wisata air tersebut bakal digelar Lomba Mancing dan akan dibuka Sabtu (08/08/20).

lomba mancing,Talago Anguih,objek wisata
Brosur lomba mancing di Talago Anguih (Zon M/matrapendidikan.com)

Lomba mancing tersebut, seperti disampaikan Ketua Penyelenggara SY.Dt.Mogek Penghulu dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-75 sekaligus promosi destinasi wisata Talago Anguih kepada masyarakat luas. Selain itu juga menyalurkan hobi para pemancing ikan.
Baca : Lomba Mancing Bakal Digelar di Objek Wisata Talago Anguih Taluk
Menjelang dibukanya lomba mancing di objek wisata Talago Anguih. Ada baiknya dtelusuri sekilas tentang Talago Anguih sebagai lokasi lomba mancing tersebut.

Spanduk lomba mancing di Talago Anguih (Zon M/matrapendidikan.com)

Talago Anguih dibuka sebagai objek wisata sejak Juni 2019 lalu. Bersamaan dengan itu diadakan lomba pacu perahu yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di Nagari Taluk dan wilayah Lintau IX Koto Kab. Tanah Datar.

Pada mulanya Talago Anguih milik KAN Taluk ini hanyalah sebuah embung atau penampung air hujan untuk mengairi sawah masyarakat di sekitarnya.

Akses menuju landmark Talago Anguih (Zon M/matrapendidikan.com)

Perkembangan berikutnya, embung tersebut dikelola oleh Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari) "Semasta" Taluk. Melalui kerja sama pemuda, masyarakat, KAN dan Pemnag (Pemerintah Nagari), Bumnag menembangkan telaga seluas 2,5 Ha itu menjadi objek wisata air.

Launching objek wisata Talago Anguih sekaligus pembukaan Lomba Pacu Perahu diresmikan oleh Wabup Tanah Datar, H.Zuldafri Darma, SH.

Objek wisata Talago Anguih dilengkapi dengan fasilitas wisata air, seperti sepeda air, biduk dan sampan. Namun pemandangan di lokasi wisata ini cukup memikat hati pengunjung, apalagi di sore hari jelang matahari terbenam di puncak bukit Kasimbo di sebelah barat.

Di sekeliling telaga sudah ada jalan sehingga bisa berjalan kaki di sekeliling telaga. Kemudian di sekitar telaga terdapat mushalla.

Ketika wabah Covid-19 melanda, kegiatan wisata air di Talago Anguih agak terhenti. Namun pengelola objek wisata, Bumnag "Semasta" Taluk beserta pemuda tetap membenahi lokasi objek wisata. Bahkan landmark Talago Anguih sudah dibangun.

Kini, Kerapatan Adat Nagari (KAN) Taluk beserta pengelola Bumnag "Semasta" Taluk akan menggelar Lomba Mancing yang dimulai Sabtu (8/8/20). Lomba ini akan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu setiap Minggu.

Mari kita sukseskan Lomba Mancing Wisata di objek wisata Talago Anguih di Simpang Kulit Manis, Taluk Lintau Buo Kab. Tanah Datar.***

0 Response to "Menjelang Lomba Mancing di Objek Wisata Talago Anguih"

Posting Komentar