Pembelajaran Daring Bahasa Arab Saat Pandemi

Pembelajaran daring bahasa Arab saat Pandemi - Bahasa adalah kalimat atau kata yang digunakan oleh seseorang untuk menumpahkan isi hati dan pikirannya terhadap lawan bicaranya. Bahasa juga merupakan alat utama bagi manusia dalam melakukan interaksi dengan orang lain.


Ilustrasi anak belajar daring (Reni h/matrapendidikan.com)

Ditengah pandemi Covid-19 ini, pembelajaran bahasa Arab tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka di kelas. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Arab melalui daring menemui berbagai kendala. 

Oleh karena itu perlu adanya inovasi kedepannya untuk menjawab tantangan pembelajaran tersebut sehingga dapat berperan memberikan kontribusi pada pembelajaran.

Membahas tentang penerapan teknologi (Daring) dalam pembelajaraan bahasa Arab yang dimaksudkan adalah bagaimana pembelajaran daring dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab. 

Apakah dengan daring dapat menciptakan interaksi dan komunikasi dengan peserta didik (mahasiswi?). Apakah dengan daring mampu menciptakan lingkungan bahasa Arab?

Pembelajaran bahasa Arab tidak bisa dilakukan secara tatap muka langsung. Akan tetapi dilakukan secara daring (online). Oleh karena itu, problematika yang dihadapi oleh peserta didik (mahasiswi) akan berbeda.

Problematika dan solusi pembelajaran daring merupakan aspek yang harus dikaji secara mendalam.

Salah satu unsur kunci menciptakan pengalaman belajar dengan konteks daring adalah adanya interaksi antara yang belajar dan yang membelajarkan. Interaksi seperti apa yang sebaiknya terjadi dalam daring. 

Oleh karena itu, adanya hambatan dan problematika yang terdapat dalam proses pembelajaran bahasa Arab melalui daring harus segera dicarikan solusinya, sehingga pembelajaran bahasa arab dengan sistem daring ke depan dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dijadikan panduan oleh dosen dan Prodi.
Dampak yang paling ditakuti adalah efek jangka panjang. 

Karena siswa akan secara otomatis merasakan keterlambatan dalam proses pendidikan yang sedang berjalan. Pembelajaran yang semula siswa hadir di dalam kelas di ganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Kuliah online menjadi makanan wajib peserta didik dan dosen untuk tetap melaksanakan pendidikan di tengah pandemi.

Hingga saat ini di Indonesia, beberapa kampus mulai menerapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau melalui online dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran online yang ada seperti aplikasi google classroom, zoom dan sebagiannya.

Tidak semua sekolah melaksanakan sistem pembelajaran daring ini dikarenakan berbagai pertimbangan. Banyak sekolah yang melaksanakan proses pembelajaran dengan memberikan tugas saja kepada siswa, yang mana tugas tersebut dikerjakan dirumah selama libur akibat covid-19. 

Tentu saja hal ini menjadi keluhan para siswa, dikarenakan banyak jumlah tugas yang diberikan dari dosennya oleh siswa, sehingga hal ini menjadi suatu beban yang dialami oleh siswa.

Namun, dengan memberikan tugas yang diberikan, tidak menjamin bahwa siswa akan belajar dirumah masing-masing. Banyak siswa yang menunda-nunda mengerjakan tugas yang diberikan karena dengan alesan waktu yang masih lama, sehingga siswa akan mengerjakan tugas tersebut apabila sudah mendekati deadlinenya.

Tentunya kendala-kendala ini memerlukan solusi untuk menyelesaikannya demi proses kegiatan pembelajaran dilakukan dirumah masing-masing.

Tentunya pembelajaran bahasa arab dengan media daring (online) ini, tidak seefektif pembelajaran didalam kelas, dikarenakan pendidik tidak bisa memastikan langsung pemahaman peserta didik terhadap materi ajar dan juga belum bisa memastikan tentang kemampuan peserta didik dalam pengaksesan internet.
Jadi bisa di simpulkan, bahwa pemebelajaran dengan media daring (online) kurang efektif untuk pembelajaran bahasa Arab.***

Artikel ditulis oleh:
Nama: Reni Handayani
Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah  madani (STITMA), Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Husna Nashihin ,M.Pd.I
Judul Artikel: Pembelajaran Daring Bahasa Arab Saat Pandemi
Email Pengirim: handayanireni115@gmail.com

0 Response to "Pembelajaran Daring Bahasa Arab Saat Pandemi"

Posting Komentar