Siswa Tidak Boleh Tidak Belajar!

Siswa tidak boleh tidak belajar! - Kolom Minggu pagi ini sengaja membahas sebuah kalimat yang unik dan sering dilontarkan oleh guru di sekolah. Siswa tidak boleh tidak belajar! Biasanya kalimat ini terucap ketika memberi informasi, nasihat atau wejangan kepada siswa.


Ilustrasi belajar (pixabay.com)

Kita sudah bisa memaklumi, berbagai cara bagi guru dalam menyampaikan sesuatu kepada siswa. Setiap guru pun memiliki cara tersendiri dan khas. Apalagi dalam menyampaikan sesuatu himbauan yang bersifat penegasan.

Terlepas dari baku atau tidak kalimat guru. Kita sudah bisa menangkap makna kalimat, siswa tidak boleh tidak belajar. Pastilah kalimat itu suatu bentuk penegasan, bahwa siswa harus belajar!

Di sekolah, memang siswa tidak belajar di masa Pandemi Covid-19 ini. Karena siswa sudah 'mengungsi' ke rumah masing-masing! Pembelajaran sudah 'diangkut' ke rumah. Siswa belajar dari rumah secara online. Menggunakan fasilitas gadget yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Mentang-mentang belajar di rumah. Siswa enggan belajar. Atau belajar hanya karena 'terpaksa' lantaran ada tugas online dari guru. Inilah tujuan kalimat penegasan guru, siswa tidak boleh tidak belajar!

Belajar bagi siswa tidak hanya di sekolah. Di rumah juga bisa belajar. Dan, belajar di rumah justru tidak terikat oleh waktu dan tempat. Mau subuh, pagi, siang, sore atau mau malam, siswa bisa dan bebas belajar.

Begitu pula tempatnya di rumah. Di kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur dan halaman rumah. Kalau perlu, jika memungkinkan, belajar di atas pohon yang ada di pekarangan rumah. Dan, kalau memungkinkan, tak salah belajar di atas atap rumah! Begitu harusnya siswa belajar.

Pada usia sekolah, anak memang harus menjalani masa belajar. Masa menimba ilmu dan pengetahuan serta keterampilan melalui kegiatan belajar. Dan, hasil belajar akan menjadi bekal bagi anak untuk terjun ke tengah masyarakat kelak di kemudian hari.
Lihat juga : Siswa Belajar dari Rumah, Bantu Juga Orangtua
Makanya, jangan sia-siakan waktu belajar di rumah pada masa Pandemi ini. Peganglah baik-baik amanat guru, siswa tidak boleh tidak belajar, pada masa Pandemi Covid-19 ini!***

0 Response to "Siswa Tidak Boleh Tidak Belajar!"

Posting Komentar