Talago Anguih dan Memancing Ikan

Nama talago anguih dan memancing ikan  - Lomba memancing ikan di Talago Anguih telah dimulai hari ini, Sabtu (8/8/20). Destinasi wisata baru yang berlokasi di Taluk, Lintau Buo Kab.Tanah Datar.


memancing ikan,talago anguih,objek wisata,nagari taluk
Memancing ikan di Talago Anguih (matrapendidikan.com)

Anda pengunjung situs ini akan bertanya, apa dan kenapa diberi nama Talago Anguih. Terlebih lagi anda yang mengerti bahasa Minang. Kok bisa memancing di Talago Anguih?

#Nama talago anguih

Talago Anguih (bahasa Indonesia, telaga hangus) merupakan areal cekungan air yang sudah lama kering karena musim kemarau sehingga rumput atau tumbuhan yang ada di sana mati karena kekeringan dan seakan hangus diterpa sinar matahari.

Areal yang cukup luas itu disulap menjadi sebuah embung penampung air hujan dan membentuk telaga. Embung atau areal penampung air hujan (tadah hujan) ini bertujuan untuk mengairi sawah yang ada di sekitarnya.

Nama Talago Anguih tetap digunakan ketika dibenahi menjadi sebuah objek wisata air dan diresmikan tahun lalu. Tentunya untuk mengabadikan nama asli dari embung seluas lebih kurang 2,5 Ha ini.


merah putih,bendera berkibar,tengah telaga
Bendera merah putih berkibar di tengah Talago Anguih (matrapendidikan.com)

Tahun 2020 ini diadakan lomba memancing ikan dan telah dibuka hari ini. Lomba ini akan berlangsung hari Sabtu dan Minggu setiap minggunya.

#Memancing ikan

Memancing ikan artinya menangkap ikan di air dengan menggunakan mata pancing (kail) dan dilengkapi umpan dan tongkat pancing (joran).
Baca juga: Menjelang Lomba Mancing di Objek Wisata Talago Anguih
Memancing hanyalah salah satu cara untuk menangkap ikan. Ada pula cara lain seperti menjala dan memukat.

Sebenarnya tidak hanya ikan yang dapat ditangkap dengan memancing. Belut dan kepiting juga dapat ditangkap dengan memancing.

Memancing ikan merupakan salah satu hobi namun tidak jarang menjadi sebuah pekerjaan tambahan yang menghasilkan uang bagi orang di pedesaan di pinggir kali, telaga atau danau.

Memancing ikan sering diperlombakan. Bagi yang hobi memancing pasti sudah mengetahui teknik berlomba memancing. Dengan membayar inset atau uang pendaftaran lomba, peserta sudah bisa menyalurkan hobinya sekaligus meraih gelar juara.

Konon memancing ikan sudah dikenal dalam peradaban manusia sejak ribuan tahun lalu. Tentunya dibuktikan dengan peninggalan sejarah arkeologi pada gua-gua tua dimana ditemukan tulang-belulang, mata kail dan gambar lukisan pada batu gua.
Lihat juga : Lomba Mancing Bakal Digelar di Objek Wisata Talago Anguih Taluk 
Teknik memancing yang digunakan sekarang merupakan teknik menangkap ikan pada masa Neolitik sekitar 4 ribu sampai 8 ribu tahun yang lalu dan berkembang menjadi teknik memancing moderen yang dipakai saat ini.***

0 Response to "Talago Anguih dan Memancing Ikan"

Posting Komentar