Dunia Maya dan Nyata Jauh Beda, Memang!

Dunia maya dan nyata jauh beda, memang! - Ketika mengawas ujian PTS (Penilaian Tengah Semester) Ganjil TA 2020/2021 di salah satu ruangan, Selasa (29/9/20). Saya merasakan nuansa lain yang tak lazim sebagaimana mengaeas ujian sebelum masa Pandemi ini.

Suasana ujian PTS luar jaringan (matrapendidikan.com)

Setidak-tidaknya menurut perasaan saya sendiri. Merasa berhadapan, merasa mengawasi siswa yang bukan siswa saya sendiri. Padahal dalam pembelajaran daring, saya telah memberikan materi pelajaran kepada mereka itu. 

Ruangan ujian hanya diisi 10 siswa dan berjarak antara satu siswa dengan siswa lainnya. Biasanya ruangan itu berkapasitas ujian 20 sampai 25 siswa.

Semua siswa peserta ujian mengenakan masker pelindung. Namun  semua siswa tidak mengenakan seragam sekolah. 

Sebenarnya saya sudah maklum dengan keadaan itu. Ujian PTS sistem luar jaringan (Luring) harus mengikuti protokol kesehatan untuk instansi pendidikan sekolah.

Hanya saja, saya merasa asing dengan siswa yang saya awasi. Bahkan saya seakan tidak mengenali wajah mereka satu persatu. Padahal dalam pembelajaran dalam jaringan (Daring) saya sudah hafal nama dan wajah mereka.

Kenapa saya hafal? Di grup WhatsApp pembelajaran dengan saya sudah ada nama dan foto profil masing-masing siswa.

Keadaan yang memaksa! Dalam pembelajaran daring saya mengenal dan hafal nama dan foto siswa. Namun dalam ujian PTS secara Luring ini, saya serasa tidak melihat siswa yang saya ajar sehari-hari melalui grup WA.

Lihat juga : Terbaru! Soal Latihan PTS IPA Kelas IX Semester Ganjil Kurikulum 2013

Mungkin antara dunia maya dan dunia nyata, memang jauh beda.***

0 Response to "Dunia Maya dan Nyata Jauh Beda, Memang!"

Posting Komentar