Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi Sumbar Digelar Hari Ini

Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat provinsi sumbar digelar hari ini - Hari ini Rabu (23/9/2020) akan digelar Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) SMP/MTs Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Padang. Lomba ini diikuti oleh pemenang dari masing-masing Zone Sumbar, yaitu SMPN 1 Bukittinggi (Zone 1), SMPN 5 Batusangkar (Zone 2) dan SMPN 1 Pariaman (Zone 3). Pemenang pada lomba ini akan mewakili Sumatera Barat dalam LCCM Tingkat Nasional Tahun 2020 ini.

Tim SMPN 5 Batusangkar yang akan berlomba hari ini di Padang (matrapendidikan.com)

Sementara itu SMPN 5 Batusangkar, Muhammad Fadhlan Hakim dkk, maju ke babak final di Padang setelah berlomba di babak penyisihan Zone 2, Rabu (23/8/20) lalu.

Baca : SMPN 5 Batusangkar Lolos ke Tingkat Provinsi LCCM Tahun 2020

Kepala SMPN 5 Batusangkar, Drs.Jalinus ketika dihubungi via ponsel berharap doa dan dukungan semua pihak di Kab. Tanah Datar, Selasa siang (22/8/20).

"Doa dan ridho orangtua juga sangat menentukan langkah anak untuk berjuang dalam lomba ini," timpal Drs.Jalinus.

LCCM Tingkat Nasional 2020

Dari situs museum nasional.org.id diperoleh info bahwa LCCM Tingkat Nasional khusus untuk pelajar SMP/MTs ini digelar pertama kali Tahun 2015. Tiga tahun berturut-turut 2017, 2018 dan 2019, juara pertama di rebut oleh Provinsi Jawa Tengah. 

Selain untuk menguji wawasan pelajar akan kebudayaan dan permuseuman, lomba ini juga ditujukan guna menciptakan persaudaraan antar generasi muda Indonesia dari berbagai daerah, untuk mengokohkan persatuan bangsa.

Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM 2020) ke-5 Tingkat Nasional akan segera dilaksanakan pada Oktober mendatang. Tiap-tiap daerah sudah melakukan babak penyisihan untuk mengirimkan perwakilannya ke Jakarta. LCCM 2020 ini diperuntukan bagi para pelajar setingkat SMP/MTs yang ditunjuk atau pemenang dari LCCM di tingkat provinsi.

Museum Provinsi melalui Dinas Kebudayaan di berbagai provinsi telah melakukan lomba serupa untuk memilih perwakilan yang akan bertanding di Museum Nasional Jakarta untuk memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Lihat juga : LCCM Tingkat Provinsi Sumbar Akan Live Beberapa Saat Lagi

Puncak dari Lomba Cerdas Cermat Museum akan digelar di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, bertepatan dengan Pekan Kebudayaan Nasional pada tanggal 9 hingga 13 Oktober 2020 mendatang. Materi perlombaan adalah sejarah kebudayaan Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, serta wawasan permuseuman.***


0 Response to "Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi Sumbar Digelar Hari Ini"

Posting Komentar