5 Tips Mendampingi Anak Sekolah Dasar Belajar Daring Melalui Radio

5 Tips mendampingi anak sekolah dasar belajar daring melalui radio - Tidak mudah memang. Mendampingi anak belajar daring di rumah selama masa pandemi merupakan sebuah tantangan. Apalagi mendampingi anak usia sekolah dasar (SD). Sementara orangtua juga memiliki  aktivitas dan kesibukan mencari penghidupan.

mendampingi anak,belajar daring,di rumah
Ilustrasi anak belajar di rumah (pixabay.com)

Namun demikian orangtua juga menyadari kalau pendidikan anak juga penting untuk mendapat perhatian. Apalagi pada masa pandemi dimana anak harus belajar di rumah.

Mau tidak mau, orangtua harus bertindak menjadi 'pendidik ganda' karena menggantikan tugas tertentu guru di sekolah. Menerima materi pelajaran atau tugas dari guru melalui aplikasi media sosial. Memberi motivasi belajar kepada anak. Mengevaluasi proses dan hasil belajar anak.

Orangtua tidak mengajar anak di rumah. Tugas orangtua lebih terfokus pada mendampingi sekaligus fasilitator dan motivator anak dalam belajar daring. Tugas itu, tidak harus diemban orangtua, bahkan orang dewasa di rumah pun dapat melakukannya. Misalnya paman, tante atau kakak, nenek/kakek yang kebetulan di rumah.

Nah, sistem belajar daring melalui radio, boleh jadi solusi baik karena tugas orangtua menjadi tidak lebih berat. Karena belajar melalui radio berlangsung dalam waktu dan jadwal tertentu.
Lalu bagaimana mendampingi anak usia SD belajar daring? 

Berikut 5 tips kecil dalam mendampingi anak usia sekolah dasar belajar daring melalui radio:

1.Memahami sistem belajar

Orangtua atau saudara dan orang dewasa lainnya perlu mengetahui sistem, prosedur atau tata cara belajar melalui radio. Hal ini akan memudahkan memandu anak belajar melalui siaran radio.

2.Menyiapkan fasilitas belajar

Sebelum memulai belajar sesuai jadwal belajar on Air, orangtua membenahi segala kebutuhan atau fasilitas belajar yang diperlukan. Misalnya buku tulis, buku sumber, alat tulis. Begitu pula fasilitas penerima siaran radio seperti pesawat radio atau smartphone yang sudah terinstal aplikasi live streaming dan terkoneksi dengan internet.

3.Memutar ulang video pembelajaran

Jika siaran Live sudah berakhir, orangtua dapat memutar ulang dan memperdengarkan atau mempertontonkan kembalii video pembelajaran itu. Tujuannya untuk memahami materi pelajaran oleh anak.

4.Memotivasi anak

Motivasi belajar penting bagi anak. Mengikuti pembelajaran daring melalui radio juga demikian. Memotivasi anak dapat dilakukan secara verbal dan non-verbal.

Biasanya on air radio untuk anak usia sekolah dasar diselingi dengan lagu-lagu atau cerita anak. Nah, orangtua perlu mendiskusikannya dengan anak untuk membangkitkan semangat belajar berikutnya.

5.Membantu anak mencatat

Mungkin orangtua perlu 'turun tangan' membantu anak untuk mencatatkan intisari materi pelajaran yang disampaikan guru penyaji.
Lihat juga : Trik Agar Anak Bersemangat Belajar di Rumah
Itulah 5 tips kecil dalam mendampingi anak usia sekolah dasar belajar daring melalui radio.***

1 Response to "5 Tips Mendampingi Anak Sekolah Dasar Belajar Daring Melalui Radio"

  1. Iya ya pakai radia justru lebih hemat
    Kasihan orang tua yang harus merogok kocek untuk beli paketan internet
    Pendapatan menurun justru pengeluaran membesar

    BalasHapus