Penerapan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi

Penerapan media dalam pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi - Seperti diketahui negara kita ini sedang dilanda oleh Pandemi Covid-19. Pandemi tersebut mengakibatkan semua sekolah diliburkan. Sekolah mengharuskan peserta didik belajar di rumah dalam sistem daring.

Dalam pembelajaran bahasa Arab, hal ini sangat berpengaruh buruk terhadap perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Ada banyak pelajaran yang susah dipahami kecuali dengan berinteraksi langsung atau mendengarkan langsung dari para guru.

Baca juga : Pembelajaran Daring Bahasa Arab Saat Pandemi

Namun disinilah kita dapat menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab untuk mendapatkan perhatian siswa sekaligus menghidupkan semangat belajar.

Manfaat media pembelajaran

Manfaat yang dapat diperoleh dengan penerapan media pembelajaran adalah:

1.Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif para anak didik.

2.Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar.

3.Menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi.

4.Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif. 

Penggunaan media bukan saja memberi manfaat bagi siswa, tetapi juga bagi para guru sebagai pengajar. 

Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan media pembelajaran antara lain:

1).Untuk memperlancar interaksi. Dalam hal ini keberadaan media merupakan medium antara pesan dengan siswa,antara guru dengan siswa. Dengan demikian kehadiran media akan meningkatkan kualitas interaksi baik itu interaksi guru dengan siswa,maupun interaksi siswa dengan siswa.

2).Proses belajar menjadi lebih menarik. Dengan media pembelajaran dapat membangkitkan keingintahuan siswa,merangsang siswa untuk bereaksi terhadap penjelasan guru.

3).Pengelolaan pembelajaran lebih efektif dan efisien .

4).Meningkatkan kualitas belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran tidak hanya membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien tetapi juga dapat membantu siswa menyerap materi pelajaran lebih dalam.

Lihat juga : Menggunakan Model Pembelajaran Diskoveri Sebagai Pembelajaran Bahasa Arab 

5).Menimbulkan sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena media dapat menyajikan pesan dengan konkrit disertai dengan contoh-contoh yang dapat  meyakinkan siswa akan kebenaran suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari.*** (Penulis : Dita Aulia,Yogyakarta)


0 Response to "Penerapan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi "

Posting Komentar