Tantangan Baru Kegiatan Blogging di Blogspot

Tantangan baru dalam kegiatan blogging di blogspot - Mulai kemaren sore (Kamis, 17/9/20), tidak ada lagi pilihan untuk kembali ke tampilan blogger lama pada dashboard blogger. Otomatis kegiatan blogging di blogspot harus melalui tampilan blogger baru. Sepertinya, tampilan dashboard blogger baru ini telah mendatangkan kesulitan banyak blogger untuk melakukan aktivitas ngeblog. Apalagi bagi blogger yang menggunakan Hp sebagai fasilitas dalam kegiatan blogging.

Ilustrasi blogging (pixabay.com)

Seandainya pihak blogspot tetap mempertahankan tampilan blogger yang sekarang, para blogger akan perlu waktu untuk beradaptasi dengan tampilan baru ini. 

Pada mulanya saya tidak biasa ngeblog menggunakan hp. Bertahun-tahun saya menggunakan komputer dalam aktivitas blogging. Namun sejak awal 2020 ini, saya memutuskan untuk hijrah menggunakan smartphone. 

Alasannya, ngeblog pakai Hp bisa dimana dan kapan saja. Tak banyak prosedur sebagaimana menggunakan komputer atau laptop. Pada mulanya memang sangat rumit. Menulis artikel pada keypad dengan layar kecil. Kadang-kadang mau mengetik huruf T, tertekan huruf Y tanpa sengaja.

Baca juga : Kesulitan Blogging Menggunakan Android

Itu menulis artikel. Bagaimana mengedit dan memposting artikel? Tentu lebih sulit lagi. Tidak hanya sekadar memposting dan setelah itu berhenti. 

Memposting artikel bagaimana menerbitkan artikel menjadi rapi, mengupayakan tidak banyak typo (salah ketik), memasukkan gambar postingan dalam artikel. Kenudian memasukkan link hidup, baik internal maupun link eksternal dalam artikel.

Kegiatan blogging menggunakan hp pintar (smartphone) akhirnya lebih mengasyikkan. Selain semakin terbiasa juga karena tampilan dashboard blogger lama tidak begitu rumit dioperasikan.

Nah, tampilan dashboard blogger yang baru, yang ternyata lebih rumit, akan menjadi tantangan tersendiri bagi saya dan juga barangkali rekan blogger lainnya. Terutama yang mengandalkan Hp sebagai sarana blogging.

Simak juga : Kegiatan Blogging dengan Android Perlu Pembiasaan

Saya sangat optimis permasalahan tampilan dashboard blogger yang baru ini bisa 'ditaklukkan' sekalipun ngeblog pakai hp. Sebab, bersama kesulitan pasti ada kemudahan!

Namun diyakini pula, semua itu tidak mungkin teratasi dalam waktu singkat. Perlu waktu beradaptasi secara berangsur-angsur. Perlu kesabaran dan ketekunan berlatih ngeblog dengan Hp pada tampilan dashboard blogger baru ini. 

Uji coba saya ngeblog dengan Hp pada tampilan baru blogger sudah dimulai dengan sebuah artikel...

Lihat artikelnya : Peduli Pendidikan Anak Bersama Program Armada Ruangguru

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi rekan blogger lainya.***


0 Response to "Tantangan Baru Kegiatan Blogging di Blogspot"

Posting Komentar