6 Tips Sukses Belajar Daring Melalui Radio

6 Tips sukses belajar daring melalui radio - Berbagai inovasi strategi belajar daring selama masa pandemi sudah bermunculan dan dikembangkan. Salah satunya belajar daring melalui siaran radio. Di Kab. Tanah Datar, Sumbar, pembelajaran daring dilaksanakan melalui Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM untuk siswa SD dan SMP.

belajar daring,melalui radio,tips

Pada artikel terdahulu sudah dikemukakan bagaimana cara belajar melalui radio. Nah kali ini akan dibahas tips belajar daring melalui radio.
Baca : Cara Belajar Online Melalui Radio Lokal
Setelah mengetahui cara-cara belajar daring melalui radio, siswa juga perlu mengetahui tips-tipsnya supaya lebih optimal. Jika siswa sudah mengikuti proses belajar melalui radio, itu baru secara kuantitas siswa sudah mengikuti belajar daring. 

Masalahnya sekarang, bagaimana siswa belajar daring melalui radio agar lebih baik dan dan sukses. Proses dan hasil belajar lebih optimal.

Penasaran? Ikuti tips-tips berikut ini agar sukses belajar daring melalui radio!

1.Bangkitkan motivasi diri sendiri

Hal utama dan penting yang perlu dibangkitkan dalam diri siswa adalah semangat dan kemauan (motivasi) untuk belajar. Untuk itu tetapkan dalam diri siswa target apa yang hendak dicapai dalam belajar daring melalui radio.

Misalnya, materi pelajaran harus terkuasai dengan baik dan nilai yang diperoleh harus lebih bagus dari teman-teman lainnya.

Selain itu hal penting lainnya dalam membangkitkan motivasi adalah doa dan ibadah. Dengan demikian siswa memiliki kepercayaan diri dalam mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.

2.Komitmen dengan diri sendiri

Setelah motivasi terbangun dalam diri, siswa perlu memiliki perjanjian atau kontrak (komitmen) dengan diri sendiri.

Ketika sedang belajar, harus benar-benar belajar terlebih dulu. Kegiatan lain yang bersifat kesukaan atau hobi, singkirkan terlebih dulu agar fokus belajar. Jika target belajar sudah tercapai, baru dilakukan aktivitas favorit siswa.

3.Kelola waktu dengan baik

Belajar daring melalui radio sudah diatur sedemikian rupa. Nah, gunakan waktu tersebut dengan efektif atau tepat sasaran.

Kalau perlu siswa menyusun agenda harian. Dengan demikian siswa dapat mengikuti jadwal harian tersebut. Kapan belajar daring, mengerjakan tugas, bermain, istirahat dan kapan pula harus membantu orang tua.

4.Mempersiapkan semua kebutuhan

Ketika memulai belajar daring melalui radio, siswa harus sudah siap dengan segala sesuatunya. Siap mental dan semua kebutuhan dalam belajar daring.

Misalnya, smartphone atau laptop yang sudah terinstal aplikasi radio streaming dan terkoneksi dengan jaringan internet. Kemudian alat tulis yang diperlukan seperti ballpoint, buku catatan, buku sumber belajar dan kertas buram.

Semua itu sudah disiapkan. Jangan mencari sesuatu kebutuhan belajar tersebut saat pembelajaran daring melalui radio sedang berlangsung. Hal itu akan mengganggu fokus belajar siswa.

5.Mengulang materi pelajaran

Jika pembelajaran daring melalui radio sudah berakhir, siswa perlu mengulang pelajaran itu kembali. Mengulang materi pelajaran dengan membaca catatan penting selama belajar daring. Siswa perlu dibantu dengan buku paket sesuai mata pelajaran atau bidang studi.

Mungkin siswa keliru atau salah dengar sehingga salah catat. Buku paket berguna untuk mengecek kebenaran materi pelajaran yang sudah dicatat siswa.

6.Penyegaran

Penyegaran atau pengenduran sel saraf (refreshing) penting siswa lakukan usai belajar daring melalui radio.

Misalnya, mendengar musik favorit, browsing website sumber materi pelajaran, nonton video-video pembelajaran online dan lain sebagainya.

Penyegaran sel saraf yang tegang bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar berikutnya.
Tips-tips tersebut dapat diterapkan siswa secara berangsur-angsur. Sehingga proses belajar daring melalui radio semakin baik dan hasil belajar semakin optimal dan menyenangkan siswa.***

0 Response to "6 Tips Sukses Belajar Daring Melalui Radio"

Posting Komentar