Laporan Hasil Ujian PTS IPA Kelas 9

Laporan hasil ujian pts ipa kelas 9 - Apakah para guru sudah sukses dalam proses pembelajaran (daring) selama setengah semester ini? Sukses dalam pengertian terbatas, berhasil memfasilitasi pembelajaran daring sehingga hasil belajar siswa sudah optimal? Kalau sudah, apa indikator keberhasilan tersebut?

Siswa mengikuti ujian PTS IPA (matrapendirikan.com)

Pembahasan dalam artikel ini ditujukan pada ujian PTS Semester 1 TA 2020/2021, sebagai salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran daring selama setengah semester.

#Tujuan dan fungsi PTS

Penilaian Tengah Semester (PTS) memiliki tujuan dan fungsi penting dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa selama setengah semester. Tidak hanya pada proses pembelajaran tatap muka normal melainkan juga pembelajaran masa pandemi Covid-19.

Pada masa pandemi, prosedur pembelajaran tetap berlaku namun sistem pembelajaran dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Prosedur pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. 

Penilaian pembelajaran daring dengan sistem tatap muka diyakini lebih akurat ketimbang sistem daring.

Baca : Ujian Tatap Muka Berikan Gambaran Kemampuan Siswa Lebih Akurat (?)

PTS bertujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa selama setengah semester. Ada beberapa kompetensi yang diuji pada PTS ini. Dengan mengetahui pencapaian kompetensi ini, guru dapat memperbaiki kualitas proses pembelajaran daring selama setengah semester. 

Selain itu PTS juga untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa, mendiagnosa kesulitan belajar dan yang paling penting lagi untuk memotivasi siswa untuk memperbaiki cara dan hasil belajarnya. 

Namun demikian PTS juga berfungsi untuk mengevaluasi kinerja guru.

#Hasil PTS IPA Kelas 9

Lembaran jawaban siswa (matrapendidikan.com)

Ujian PTS IPA Kelas 9 di SMPN 2 Lintau Buo telah dilaksanakan Kamis lalu (1/10/20). PTS diselenggarakan secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan. Sementara pembelajaran yang telah diselenggarakan berlangsung secara daring melalui fasilitas dan aplikasi yang ada.

Soal PTS IPA dalam bentuk Pilihan Ganda (multiple choise) sebanyak 40 butir soal. Disusun berdasar kisi-kisi soal yang telah dirancang dalam MGMP IPA.

Materi uji PTS IPA meliputi Sistem Reproduksi pada Manusia, Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan serta Pewarisan Sifat.

Sebelum ujian kepada siswa diberikan kisi-kisi soal PTS dan contoh-contoh soal PTS IPA. Siswa mempelajari kisi-kisi dan nenyesuaikannya dengan contoh soal.

Simak : Terbaru! Soal Latihan PTS IPA Kelas IX Semester Ganjil Kurikulum 2013

Peserta ujian PTS seharusnya 61 siswa namun diikuti oleh 58 siswa. Pelaksanaan PTS sesuai prosedur ujian dan protokol kesehatan.

Berdasarkan pemeriksaan terhadap lembaran jawaban siswa diperoleh data, nilai terendah 22.5 dengan jumlah jawaban betul 9. Sedangkan nilai tertinggi 70 dengan jumlah betul 28 soal.

Dengan demikian  rata-rata hasil ujian mata pelajaran IPA pada PTS Semester Ganjil TA 2020/2021 di SMPN 2 Lintau Buo untuk 58 siswa adalah 42.5.

Berdasarkan angka perolehan rata-rata siswa pada ujian PTS diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, masih jauh dari KKM mata pelajaran IPA secara normal.

Oleh sebab itu diupayakan tindak lanjut (follow up) seperti peningkatan mutu proses pembelajaran daring dan motivasi belajar, baik untuk berpartisipasi dalam belajar maupun mengerjakan tugas dan latihan.

Lihat juga : Kemauan dan Kemampuan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring 

Demikianlah laporan hasil ujian PTS Semester Ganjil TA 2020/2021 pada mata pelajaran IPA Kelas 9, sekadar inspirasi bagi siswa dan guru serta orangtua siswa di rumah. Semoga bermanfaat.***

1 Response to "Laporan Hasil Ujian PTS IPA Kelas 9"

  1. Ditempat saya belum ada ujian PTS
    Karena PSBB diperpanjang
    Belum ada tatap muka disekolah

    BalasHapus