Inilah Kelebihan Pepaya, Semua Bagiannya Bermanfaat!

Kelebihan pepaya, semua bermanfaat! - Pepaya termasuk tumbuhan monokotil, pohon dengan batang palsu. Namun demikian pepaya banyak dibudidayakan orang. Selain karena mudah tumbuh di daerah tropis, ternyata hampir semua bagian dari pepaya ini bermanfaat kecuali batangnya.

Pohon pepaya (pixabay.com)

Yang lazim dimanfaatkan adalah buah, biji, daun, bunga dan akarnya. Ini dimanfaatkan untuk bahan kuliner, kesehatan dan pengobatan tradisional.

A.Mudah dibudidayakan

Pepaya bukanlah tanaman asli dari bumi Indonesia. Dalam sejarah tanaman pepaya, dapat kita baca bahwa tanaman buah ini berasal dari benua Amerika. Tanaman ini banyak ditemukan di bagian selatan Mexiko dan bagian utara Amerika Selatan. 

Mudah tumbuh di daerah beriklim tropis. Oleh sebab itu disebut juga tanaman tropis. Karena termasuk tumbuhan daerah tropis, maka papaya banyak ditemukan di berbagai belahan dunia termasuk wilayah Indonesia. 

Di Indonesia, pepaya termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Saking mudahnya, orang tak perlu susah-susah menyediakan areal khusus untuk bertanam buah pepaya ini.

Ketika seseorang membuka buah pepaya, kemudian bijinya dibuang begitu saja. Misalnya di buang ke halaman. Biji pepaya ini akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Tidak perlu diberi pupuk, disirami air, atau dirawat sebagaimana layaknya tanaman lain.

B.Buah pepaya dan bagian-bagiannya

Buah pepaya (matrapendidikan.com)

Anda pasti sudah mengenal apa dan bagaimana buah pepaya. Bahkan anda sendiri sering mengkonsumsi buah pepaya sebagai pencuci mulut dan pelengkap nutrisi bagi tubuh anda. Tidak itu saja, buah pepaya juga anda tanam di kebun atau pekarangan rumah.

Secara morfologi, tanaman pepaya terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah. Bagian buah pepaya terdiri dari kulit buah, daging buah dan biji.

1.Kulit buah

Kulit buah pepaya muda berwarna hijau pekat dan pepaya yang sudah masak berwarna kuning orange. Kulit buah sangat tipis dan membungkus daging buah. Namun kulit buah ini akan dikupas ketika hendak mengkonsumsinya.

2.Daging buah

Daging buah pepaya yang sudah masak akan berwarna kuning orange sehingga dapat memancing selera untuk mengkonsumsinya. Rasanya manis dan banyak mengandung air.

Daging buah pepaya ini banyak mengandung nutrisi, diantaranya karbohidrat, berbagai vitamin dan mineral. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya untuk melancarkan proses pencernaan sehingga BAB jadi lancar.

3.Biji

Ketika hendak mengkonsumsi buah pepaya, kulitnya dikupas dan dibuang. Begitu pula bijinya cukup banyak dalam rongga lunak Kebanykakan orang membuang bijinya karena belum mengetahui manfaat dan khasiatnya.

Biji pepaya juga digunakan orang untuk perawatan dan pengobatan. Misalnya untuk membantu pencernaan, mengobati sirosis hati bahkan untuk mengatasi uban.

C.Daun pepaya untuk pengobatan

Daun pepaya (matrapendidikan.com)

Daun pepaya dapat dijadikan sebagai alternatif pertolongan pertama pada penyakit. Misalnya, getahnya dijadikan sebagai pertolongan pertama pada penderita sakit gigi. Daun papaya yang masih muda banyak mengeluarkan getah.

Kadang-kadang anak, terutama usia sekolah kurang menjaga kesehatan dan kebersihan giginya. 

Gigi anak sangat rentan terhadap bakteri-bakteri yang berasal dari bahan makanan dan minuman yang manis. 

Orangtua segera bersiap-siap menyediakan alternatif penyembuhan sakit gigi pada anak.

Jika kurang membersihkan gigi besar kemungkinan anak akan menderita sakit gigi. Ini sangat menggangu kegiatan anak terutama dalam belajar. 

Lalu bagaimana cara menggunakan daun pepaya untuk meredakan sakit gigi?

Nah, untuk meredakan sakit gigi pada anak, ambil daun papaya muda. Getah yang keluar dari daun pepaya ini dioleskan pada bagian gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Insyaallah akan dapat meredakan sakit gigi pada anak.

Lakukan hal itu sampai rasa sakit pada gigi mulai reda.

Tidak hanya getahnya, daun pepaya juga bermanfaat untuk mendukung fungsi pencernaan. Daun ekstrak pepaya dapat digunakan sebagai terapi mengurangi gejala gangguan sistem pencernaan manusia, seperti mulas dan perut kembung. 

Hal ini karena daun pepaya mengandung papain yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Papain mampu memecah protein besar menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu daun pepaya mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin E. Oleh sebab itu mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres.

D.Bunga pepaya kaya nutrisi

Bunga pepaya (matrapendidikan.com)

Bunga pepaya ternyata juga mengandung zat dan nutrisi penting bagi tubuh. Bunga pepaya mengandung; katbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin dalam bunga pepaya antara lain: vitamin A, B1, dan vitamin C. Sedangkan mineral yang ada dalam bunga pepaya antara lain : zat besi, pospor dan kalsium.

Daun pepaya juga mengandung zat anti-inflamasi berupa papain, flavonoid, dan vitamin E yang sering dijadikan obat untuk mengatasi berbagai peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi.***

0 Response to "Inilah Kelebihan Pepaya, Semua Bagiannya Bermanfaat! "

Posting Komentar