Selamat Hari Guru Sedunia

Selamat hari guru sedunia - Guru di seluruh dunia saat ini tengah berbahagia menerima ucapan dan kata-kata mutiara atas peran dan pengabdian guru dalam meningkatkan peradaban dunia. Pasalnya, hari ini Senin, 5 Oktober 2020 adalah peringatan Hari Guru Sedunia (World Teacher's Day).

Ilustrasi Hari Guru Sedunia (pixabay.com)

Seperti diketahui, setiap negara di dunia dimana lebih seratus lima puluh negara, memperingati dua kali hari guru, Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional. Namun peringatan Hari Guru Nasional setiap negara nyaris berbeda-beda. Misalnya, Indonesia memperingati hari guru nasional setiap tanggal 25 November, Malaysia (16 Mei), Singapura (1 September) dan Thailand (16 Januari). Namun Pilipina, Pakistan dan Rusia memperingati Hari Guru Nasional bersamaan dengan Hari Guru Sedunia, 5 Oktober.

Berdasarkan sejarah yang dibaca, Hari Guru Sedunia tak lepas dari dua badan dunia PBB, yaitu Organisasi Buruh Sedunia (ILO) dan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Sedunia (UNESCO). 

Peringatan Hari Guru Sedunia ditetapkan oleh badan dunia UNESCO tanggal 5 Oktober 1994. Hal ini merupakan peristiwa diadopsinya Rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan UNESCO tahun 1966 Tentang Status Guru.

Rekomendasi tersebut menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggungjawab guru serta standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar. 

Hari Guru Sedunia diperingati untuk memberikan dukungan terhadap tenaga pengajar dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru.

UNESCO telah menetapkan tema untuk memperingati Hari Guru Sedunia 2020. Temanya adalah “Guru: Memimpin dalam Krisis, Menata Kembali Masa Depan”. 

Penetapan tema tersebut cukup beralasan mengingat Pandemi COVID-19 telah secara signifikan memberikan tantangan pada sistem pendidikan dunia.

Oleh karena itu, UNESCO mengajak warga dunia untuk bekerja sama dengan para guru dalam melindungi hak atas pendidikan yang perlahan hilang akibat pandemi.

Lihat juga : Pentingnya Dukungan Terhadap Guru dalam Menjalankan Tugasdi Era Milennial

Sementara itu, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional tanggal 25 November. Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, telah menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan setiap tahun juga menjadi tanda penghormatan kepada guru.

Happy World Teacher's Day!***

0 Response to "Selamat Hari Guru Sedunia"

Posting Komentar