8 Jenis Tumbuhan Perdu Ini Mendadak Populer Sebagai Bunga Hias

8 Jenis  tumbuhan perdu ini mendadak populer sebagai Bunga Hias - Tren memelihara bunga masih tetap eksis sampai saat ini. Tumbuhan atau tanaman yang selama ini tumbuh begitu saja dan tidak terpelihara kini mendapat perhatian istimewa. Dijadikan bunga hias bahkan bernilai ekonomis setelah mendapat sentuhan tangan-tangan kreatif dan inovatif.

Tumbuhan perdu (semak) pun tak luput dari perhatian penggemar bunga hias. Meskipun tumbuh liar di pekarangan namun ketika tumbuh subur ternyata sangat indah dipandang mata. Mendadak populer di kalangan penggemar bunga hias.

Apa itu tumbuhan perdu?

Dikutip dari Wikipedia.org, perdu adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat permukaan tanah dan tidak mempunyai batang yang tegak. Tumbuhan perdu tidak berbatang besar, kadang-kadang berdun lebar dan ada juga dari jenis rumput-rumputan.

Kadang-kadang disebut juga tumbuhan semak, tergantung pada kondisi tumbuhnya.

Berikut ini disajikan 8 tumbuhan perdu yang dirangkum dari beberapa artikel di halaman website ini.

1.Bunga pacar air

Pacar air (doc.matrapendidikan.com)

Pacar air (impatiens baksamina L.) Sebenarnya memiliki varian warna semakin banyak. Ada warna putih, merah, merah jambu, maron, kuning dan lain sebagainya. 

Orang menyebutnya sebagai bunga karena dapat menghiasi bagian tertentu halaman rumah. Tumbuh berkelompok di halaman rumah akan membuat mata lebih senang melihatnya.

Wajar tumbuhan perdu ini disebut orang sebagai bunga. Warnanya yang bervariasi  dan menarik akan terlihat menjadi indah dan sedap dipandang mata.

2.Bunga kenikir 

Kenikir (doc.matrapendidikan.com)

Kenikir (cosmos caudatus,L) merupakan  tumbuhan perdu yang tumbuh di halaman dan tidak memerlukan perawatan. Tanaman hias ini membentuk kelompok bunga kuning yang indah dan menarik.

Bunga kenikir termasuk tanaman perdu yang membentuk daun majemuk dengan susunan bersilangan dan berhadapan. Memiliki bau yang khas dan memiliki akar tunggang. Sementara daunnya berbentuk panjang.

Umumnya kenikir yang tumbuh memiliki beberapa varian warna, yaitu kuning, orange, jingga dan merah.

Meskipun tergolong tumbuhan perdu, kenikir berkembang biak dibantu oleh serangga. Hal ini karena warna bunga kenikir termasuk menarik hewan serangga.

3.Boroco

Boroco (doc.matrapendidikan.com)

Boroco (celosea argente, L) atau di Sumatera Barat dikenal dengan nama bayam bludu. Tanaman dengan nama unik ini dapat tumbuh dengan liar di halaman, pinggir jalan, atau di pinggir selokan.

Namun minat orang semakin tinggi akan tanaman hias, bunga bayam bludu ini pun ikut dipelihara dan dibudidayakan. Daun yang hijau dan bunga berwarna ungu, merah dan merah jambu, tentulah cukup menarik dan indah dipandang mata

Rupanya tanaman perdu ini juga berkhasiat sebagai obat sehingga termasuk tanaman herba. Dapat menyembuhkan infeksi pada mata, saluran kemih dan hipertensi.

Untuk mengobati infeksi mata bagian dalam, rebus dengan air secukupnya biji boroco dan air rebusannya gunakan untuk pengusap mata. Begitu pula bunga boroco yang direbus untuk mencuci mata yang mengalami infeksi bagian luar.

Jika dikonsumsi tanaman boroco terasa agak pahit. Bagian tanaman yang biasa dikonsumsi segar dan kering adalah biji, bunga, atau seluruh bagian tanaman.

4.Bunga matahari

Bunga matahari (pixabay.com)

Bunga matahari (helianthos annuss. L) merupakan tumbuhan musiman dari suku kenikiran (asteraceae). Bunga matahari dikenal sebagai tanaman hias dan penghasil minyak.

Ciri khas bunga ini adalah berwarna kuning terang.  Kepala bunga yang besar. Tersusun atas ratusan bunga kecil pada bongkol. Oleh sebab itu bunga ini disebut bunga majemuk.

Bunga matahari dijadikan sebagai bunga hias. Tidak hanya indah dipandang manusia, bunga matahari menarik perhatian hewan serangga. 

5.Ruellia

Ruellia (doc.matrapendidikan.com)

Bunga yang satu ini mudah berbunga apalagi ketika musim hujan. Dapat ditanam dalam pot tapi lebih bagus ditanam di halaman atau taman kelas. Bunga ini bisa menjadi pagar hidup, pembatas suatu lokasi taman di sekolah.

6.Andong

Andong (doc.matrapendidikan.com)

Andong (cordyline fruticosa,L) termasuk bunga multiguna. Selain sebagai tanaman hias, andong juga bermanfaat sebagai obat.

Andong mudah dikembangkan dengan stek batang. Dapat ditanam dalam pot atau kantong plastik (polibag). Dapat pula ditanam langsung di tanah.

Jika ditanam langsung di tanah, tumbuhan perdu yang juga disebut hanjuang, dapat menjadi pagar hidup. Pembatas halaman atau satu taman dengan tanaman lainnya.

Hanjuang atau andong ternyata tanaman yang dapat dijadikan obat. Misalnya mengobati wasir (ambeian), diare dan mengurangi rasa sakit digigit serangga.

7.Kembang sepatu

Kembang sepatu (doc.matrapendidikan.com)

Bunga kembang sepatu tidak asing lagi bagi anda. Secara fisik bunga ini memiliki 5 helai mahkota yang saling menyatu. Memiliki aneka warna yang mencolok seperti merah, putih, kuning dan orange.

8.Eurphobia

Euphorbia (doc.matrapendidikan.com)

Eurphobia atau bunga pakis giwang memiliki struktur daun yang menyerupai giwang. Sederhana dan sudah membudi daya di kalangan peminat bunga.

Hanya saja, menanam atau meletakkan pot bunga Eurphobia ini jangan di sembarang tempat. Batangnya banyak durinya. Jika memegangnya harus pelan dan hati-hati agar tidak tertusuk oleh durinya yang tajam. 

Sederhana namun bunga pakis giwang ini cukup menarik!***

1 Response to "8 Jenis Tumbuhan Perdu Ini Mendadak Populer Sebagai Bunga Hias "

  1. Ditempat saya mungkin hanya tanaman Boroco yang tidak ada
    Manfaatnya banyak juga ya, jadi ingin menanamnya tapi kemana hendak membelinya

    BalasHapus