Ujian Tatap Muka Berikan Gambaran Kemampuan Siswa Lebih Akurat (?)

Ujian tatap muka berikan gambaran kemampuan siswa lebih akurat (?) - Pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada masa pandemi, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran diselenggarakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh.

Ilustrasi ujian tulis tatap muka (matrapenfifikan.com)

Persoalannya adalah sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan secara daring tersebut? Apakah siswa benar-benar menguasai atau tidak, materi pelajaran yang diberikan guru melalui pembelajaran daring

Salah satu cara yang dilakukan untuk menjawab persoalan tersebut adalah mengadakan ujian tatap muka di sekolah. Tentu saja penyelenggaraannya harus disesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah tentang pembelajaran pada masa pandemi. Salah satunya mengikuti protokol kesehatan.

Hal ini sudah dilakukan oleh guru termasuk di SMPN 2 Lintau Buo dan sekolah lainnya. Ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) Semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021.

Baca : Ujian PTS Luring Diselenggarakan Sesuai Protokol Kesehatan

Ujian tatap muka di ruang jelas boleh dikatakan cukup bagus. Kenapa? 

Cara ini dapat mengukur penguasaan dan kemampuan belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran daring.

Ujian dikerjakan sendiri di bawah pengawasan guru pengawas. Siswa tidak memperoleh bantuan dari teman, orangtua dan mesin pencari sebagaimana halnya yang dilakukan siswa saat ujian online.

Artinya, hasil ujian tatap muka ini lebih menggambarkan kemampuan siswa setelah memperokeh materi pelajaran secara daring melalui fasilitas belajar daring yang ada.

Ada dua alasan utama yang mendukung hal ini.

1.Siswa akan menyiapkan diri

Dengan adanya ujian tatap muka di sekolah, siswa akan mempersiapkan diri dengan baik. Sebab siswa mengetahui kalau soal ujian akan dikerjakannya sendiri tanpa bisa memperoleh bantuan melalui teman, orangtua atau mesin pencari.

2.Siswa tidak menggunakan bantuan 

Siswa tidak bisa menggunakan bantuan dalam mengerjakan soal, baik dari teman sendiri maupun mesin pencari. Siswa ujian di ruang kelas dengan kondisi duduk dengan jarak cukup jauh dan diisi oleh peserta ujian sedikit. 

Kecil kemungkinannya siswa berkesempatan mencontek pekerjaan temannya dalam ujian apalagi berada dalam pengawasan guru pengawas.

Lihat juga : Kemauan dan Kemampuan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring

Adanya ujian secara tatap muka ini akan memberikan gambaran lebih akurat kepada guru baik atau tidaknya hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring.***

0 Response to "Ujian Tatap Muka Berikan Gambaran Kemampuan Siswa Lebih Akurat (?)"

Posting Komentar