BDR Melalui Penggunaan Aplikasi Zoom, Persamaan dan Perbedaannya dengan Google Meet

BDR melalui penggunaan aplikasi zoom, persamaan dan perbedaannya dengan google meet  - Semula Belajar Dari Rumah (BDR) pada masa pandemi, pada umumnya menggunakan aplikasi WhatSapp. Aplikasi chat ini memang lebih praktis digunakan pun lebih efisien dalam penggunaan paket data internet dibanding aplikasi online lain. Semua siswa tingkatan SD sampai SLTA dapat BDR via WhatSapp.

Untuk lebih meningkatkan mutu BDR, guru dan siswa dapat pula melirik penggunaan aplikasi online yang lain, Zoom dan Google Meet misalnya.

Pada artikel kali ini akan duraikan persamaan dan perbedaan kedua platform video confrence tersebut serta cara penggunaannya oleh guru dan siswa untuk BDR.

Para pemula, guru dan siswa sudah sering mendengar dan membaca istilah Zoom dan Google Meet. Apa sih persamaan Zoom dengan google Meet? Apa pula perbedaan mendasar antara kedua aplikasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

A.Persamaan mendasar zoom dan google meet

Kedua aplikasi online ini sama-sama platform video confrence (komperensi video). Aplikasi yang dapat digunakan dalam aktivitas online. Pada masa pandemi, kedua aplikasi ini dapat digunakan untuk BDR.

Baik Google Meet maupun Zoom adalah produk google. Perlu diketahui bahwa Google Meet lebih dulu hadir dibanding Zoom. Bahkan Google Meet sudah terintegrasi langsung ke akun Google di komputer atau laptop lewat browser Chrome maupun smartphone.

Baik Zoom maupun Google Meet sama-sama dapat digunakan melalui perangkat komputer, laptop dan smartphone. Kemudian keduanya sama-sama memudahkan para pengguna untuk membuat ruang meeting secara online. 

Hanya saja, penggunaan Zoom lebih populer ketimbang Google Meet akhir-akhir ini, terutama pada masa pandemi. Hal ini karena kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

B.Perbedaan utama zoom dan google meet

1.Logo aplikasi

Kedua aplikasi ini memang sama-sama fasilitas komperensi video sehingga logo keduanya sepintas terlihat sama terutama ikon video sebagai dasar logo aplikasinya. 

Namun jika cermat memperhatikan keduanya justru jelas terlihat perbedaan kedua logo aplikasi ini.

Dari segi warna, Google Meet berlatar warna hijau dan putih sedangkan Zoom berlatar warna biru. Perbedaan logo ini penting diperhatikan ketika memilih aplikasi dan menginstalnya di perangkat komputer, laptop maupun smartphone.

2.Durasi versi gratis

Untuk versi gratis, Zoom menyediakan waktu sesi konferensi dengan durasi 40 menit sedangkan Google Meet sampai 1 jam. Google meet memiliki durasi waktu yang lebih panjang.

3.Kapasits konferensi video

Google Meet dapat memuat jumlah peserta kapasitas sampai 250 peserta. Sedangkan Zoom berkapasitas sampai 500 peserta rapat.

Jika jumlah peserta banyak tentu lebih pas untuk menggunakan aplikasi Zoom.

4.Tampilan interface (antar muka)

Aplikasi Zoom menyajikan interface (tampilan antar muka) yang lebih mudah ditemukan. Hal ini karena Zoom memiliki fitur aplikasi tatap muka sederhana dan mudah untuk mengingat lokasi fitur tatap muka.

Sementara itu Google Meet mempunyai tampilan antarmuka yang rumit ditemukan terutama bagi pengguna pemula.

Susahnya lagi ketika pengguna pemula menggunakan smartphone dengan ukuran layar yang lebih kecil sehingga fitur tersebut akan sulit untuk ditemukan.

Jadi, perbedaan lain antara Zoom dan Google Meet juga terletak dalam hal kemudahan menemukan fitur tatap muka langsung.

C.Cara menggunakan Zoom pada laptop oleh guru dan android oleh siswa

#Guru penyelenggara/host

1.Masuk ke browser untuk mencari Zoom Cloud Meeting pada mesin pencari google. 

2.Guru memilih menu Host pada laman zoom.us untuk menjadi penyelenggara sesi panggilan zoom, pastikan guru sudah memiliki akun Zoom.

3.Jika guru ingin siswa bergabung dengan panggilan Zoom, kirim Meeting ID atau ID rapat dari host atau penyelenggara sesi (guru) kepada siswa.

4.Zoom akan terunduh otomatis di laptop guru.

5.Pasang atau instal aplikasi yang sudah terunduh di laptop dan guru sudah bisa menyelenggarakan sesi panggilan Zoom untuk BDR sedangkan siswa sudah dapat mengikuti sesi panggilan Zoom untuk BDR.

#Untuk siswa/peserta 

Bagaima cara siswa menggunakan aplikasi Zoom pada android? Berikut cara dan langkah menggunakannya:

1.Buka Play Store, ketik 'Zoom Cloud Meeting'.

2.Unduh/pasang aplikasi di ponsel siswa.

3.Aplikasi Zoom sudah dapat digunakan siswa.

4.Masukkan 'Meeting ID' dari guru host sesi penyelenggara.

Itulah pembahasan persamaan dan perbedaan aplikasi Google Meet dan Zoom serta cara menggunakan Zoom pada perangkat laptop dan android untuk BDR.*** ( Oleh : Widya Manohara)

0 Response to "BDR Melalui Penggunaan Aplikasi Zoom, Persamaan dan Perbedaannya dengan Google Meet"

Posting Komentar