Mengenal Jenis-jenis Sumur Air, Apa Saja?

Mengenal jenis-jenis sumur air, Apa saja? - Saat ini sudah ada banyak sekali jenis sumur yang dibuat di Indonesia. Karena ada banyak sekali jenis sumur di Indonesia, untuk itu jangan sampai kita salah dalam memilih jenis sumur yang akan kita bangun. Untuk itu, anda mungkin membutuhkan pakar sumur.

Seperti yang sudah kita sama-sama ketahui bahwa fungsi utama dari sumur merupakan untuk menjadi tempat yang akan menampung air hujan. Air yang ditampung tersebut bisa digunakan untuk keperluan kita sehari-hari misalnya seperti untuk mandi, untuk mencuci dan juga untuk diminum.

Di zaman dulu, hanya ada satu jenis sumur yang ada di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, semakin ada banyak jenis-jenis sumur yang muncul di Indonesia.

Jenis-Jenis Sumur Air Yang Ada Di Indonesia

Setiap rumah di zaman dulu tentu saja memiliki sumur. Hal ini karena air merupakan salah satu hal wajib yang harus ada dan dibutuhkan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup. Sumur juga memiliki peran penting karena untuk menampung air bersih.

Air bersih sangat penting karena air bisa menjadi sumber penyakit, karena jika kotor tentu saja mengandung banyak bakteri yang bahaya jika kita konsumsi atau kita gunakan.

Untuk anda yang ingin membangun sumur baru, berikut dibawah ini sudah saya sajikan beberapa jenis-jenis sumur yang bisa anda pilih sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

1.Sumur Bor

Jenis sumur yang pertama adalah sumur bor, untuk jenis sumur ini biasanya ada di daerah perkotaan atau metropolitan. Sumur ini biasanya juga dipakai untuk bangunan yang berskala besar misalnya seperti kantor, rumah makan, perhotelan dan juga sekolah.

Untuk bisa membuat sumur bor, dibutuhkan proses pengeboran dengan mesin yang canggih. Hal ini karena kedalaman dari sumur bor ini bisa mencapai 150 meter dalamnya. Dalam prosesnya juga terkadang dibutuhkan pakar sumur agar bisa menghasilkan sumur bor berkualitas.

Keunggulan dari sumur bor adalah proses pembuatannya yang sangat cepat dan juga tingkat kegagalan dalam pembuatan sumur bor ini lebih kecil, dan juga jumlah air bersih juga bisa ditampung lebih banyak.

2.Sumur Resapan

Berikutnya ada jenis sumur resapan yang memiliki fungsi untuk menjadi alat penampung saat air hujan turun ke dalam tanah. Sedangkan cara untuk membangun sumur jenis ini juga tidak jauh berbeda sebenarnya dengan membuat sumur galian, yaitu dibuat secara manual menggunakan tenaga tangan manusia.

Secara dasar, sumur ini dibangun khusus di daerah yang memiliki curah hujan tinggi agar bisa memaksimalkan tujuan dibangunnya sumur ini yaitu untuk meresap air hujan.

Manfaat yang bisa didapatkan oleh sumur resapan ini juga sangat banyak. Salah satu manfaat besarnya adalah untuk mencegah banjir dan juga genangan air. Bisa menyuburkan tanah dan juga bisa mencegah terjadinya tanah longsor.

3.Sumur Artesis

Sama seperti jenis sumur bor, jenis sumur artesis ini menjadi salah satu sumur modern yang dibuat dengan memerlukan peralatan canggih. Mesin yang dibangun untuk membangun sumur jenis ini adalah peralatan yang canggih, karena harus bisa menembus kerikil, bebatuan yang susah ditembus dan juga lapisan tanah keras.

Biasanya mata bor akan ditancapkan ke dalam tanah sampai menyentuh lapisan tanah tersebut. Mata bor akan terus mengebor tanah hingga muncul sumber air yang bisa mengalir dengan sangat lancar.

Untuk kedalaman dari sumur artesis ini bisa mencapai 250 meter dalamnya, hal ini tergantung dengan kapasitas dari air yang diperlukan. Biasanya daerah perkomplekan yang menggunakan sumur artesis ini.

4.Sumur Pompa

Untuk anda ingin mencari jenis sumur yang ekonomis, nah jenis sumur pompa yang satu ini adalah pilihan terbaik untuk anda. Sumur pompa adalah sumur yang dibuat dengan cara mengebor lapisan tanah sampai mencapai lapisan sumber air.

Oleh sebab itu, kedalaman dari sumur ini bisa beragam tergantung dari dimana lokasi pembangunan sumur tersebut dibuat. Untuk bisa menaikan air hingga ke permukaan tanah, jenis sumur pompa ini mengandalkan alat pipa hisap yang tersambung dengan pompa air manual yang ada di ujung atas.

5.Sumur Galian

Jenis sumur terakhir adalah sumur galian, dimana sistem pembuatan sumur ini menggunakan sistem yang sudah sejak lama dipakai oleh masyarakat Indonesia. Untuk anda yang tinggal di daerah desa, tentu saja anda pernah melihat jenis sumur yang satu ini.

Sama seperti namanya, sumur ini dibangun menggunakan proses penggalian yang dilakukan secara manual dengan tenaga tangan manusia. Karena dibuat dengan galian tangan manusia, maka kedalaman dari sumur ini biasanya memiliki kedalaman 10 meter.

Untuk bisa membuat sumur tentu saja dibutuhkan pakar sumur agar tidak terjadi kesalahan saat membangun sumur tersebut. Tentu saja anda tidak ingin mengalami kejadian berbahaya ketika melakukan kesalahan saat mengebor sumur kan?

Untuk itu dibutuhkan pakar sumur yang memang sudah ahli dalam urusan pembangunan dan pembuatan sumur bor.***

0 Response to "Mengenal Jenis-jenis Sumur Air, Apa Saja?"

Posting Komentar