Tips dan Trik Menyelesaikan Tugas Tepat Waktu

Trip dan trik menyelesaikan tugas tepat waktu - Hey you gais... Dimasa pembelajaran daring ini tentunya tugas membludak, ya? Tugas A aja belum kelar, eh... tugas B juga udah nongol, dan akhirnya numpuk deh. Pasti puyeng dan bikin kesel, ya gais. Kita jadi sebel sendiri mau nyelesain yang mana dulu, mana deadline juga bentrok lagi. Yah, tapi mau gimana lagi, yang namanya tugas, ya harus dikerjain dan diselesain sampai tuntas, ya gais? 'Kan itu udah kewajiban kita sebagai pelajar/mahasiswa.

Ilustrasi mengerjakan tugas (pixabay.com)

Nah, untuk itu, ada beberapa tips dan trik nih buat teman-teman semua supaya tugasnya bisa selesai tepat waktu. Apa-apa aja ya? Yok, scroll ke bawah gais:

1.Bikin list tugas sesuai skala prioritas

Nah, list tugas ini sangat membantu banget loh dalam mengatur planning tugas kita. Kita bisa membuat list tugas sesuai skala prioritas kita masing-masing. Ada baiknya, kita menyusunnya, sesuai dengan urutan deadline masing-masing tugas tersebut. Selain itu, kita juga bisa mengurutkan sesuai dengan tugas mana yang dianggap mudah terlebih dahulu. Dengan begitu, waktu yang kita perlukan untuk menyelesaikan tugas pun akan menjadi lebih efektif. List ini juga bermanfaat loh buat kita yang kadang pelupa supaya nggak ada tugas yang ketinggalan.

2.Jangan menunda-nunda tugas

Terkadang, hal tersulit itu bukan menyelesaikan tugasnya itu loh gais, melainkan gimana kita memulainya. Kebanyakan dari kita merasa mager banget buat memulainya. "eh, deadline nya masih lama nih, ntar aja lah, mending nge-drakor dulu, mending rebahan dulu". Nah, karena sering nunda-nunda terus, akhirnya pas h-1 baru keinget dan ngerjainnya terburu-buru deh, ditambah tugasnya juga menumpuk, aduh malah bikin badmood deh. Akhirnya marah-marah dan kesel sama doro sendiri.

Kita tahu sendiri kan kalau menunda-nunda tugas itu hanya akan mempersulit kita. Apalagi sistemnya daring, terkadang ada aja masalahnya, yang jaringan atau server nya lah yang error, mati lampu lah, baterai low lah, atau bahkan kuota juga habis. Oleh karena itu, kita harus buang rasa malas dan paksa diri sendiri untuk memulai setiap tugas itu di awal-awal waktu, kan kalau semua tugasnya udah selesai kita bisa santai-santai sepuasnya dan semau kita, sekaligus refreshing juga.

3.Pasang reminder pengumpulan tugas

Nggak pengen kan, H-1 deadline nya baru keinget kalau ada tugas. Nah, itu bisa di atasi dengan membuat reminder pengumpulan tugasnya. Remindernya bisa kita bikin di hp atau di catat di mading kamar. Terserah kita masing-masing aja sukanya yang mana. 

4.Buat deadline 'palsu'

Maksud deadline palsu disini, kita bikin deadline nya dalam pemikiran kita sendiri aja, minimal 2 hari sebelum deadline sebenarnya. Hal ini sangat membantu loh untuk menanamkan pola pikir pada diri sendiri bahwa kita harus menyelesaikan tugas secara disiplin dan tepat waktu.

Nah, itulah beberapa tips dan trik menyelesaikan tugas tepat waktu, gais. Semoga bermanfaat ya buat kita semua dalam menyelesaikan tanggung jawab kita. Ingat, semakin kita menumpuk tugas, maka kita akan semakin rugi pula baik dari segi waktu maupun tenaga. Oleh sebab itu, usahain ya ngerjain tugasnya secara teratur dan efektif.

Oke, thank you gais. See you next time.*** (Oleh : Fauzia, SMAN 2 Lintau Buo)

0 Response to "Tips dan Trik Menyelesaikan Tugas Tepat Waktu"

Posting Komentar