Muatan Listrik Statis pada Benda

Muatan listrik statis pada benda - Sisir dan mistar plastik dapat menarik sobekan kertas kecil setelah kita gosokkan pada rambut kering. Fakta ini adalah satu contoh gejala listrik statis dalam kehidupan srhari-hari. Anda dapat mencari contoh-contoh lain dari gejala listrik statis.

Model atom (pixabay.com)

Sisir atau pun mistar plastik dapat menarik benda lain karena telah bermuatan listrik. Menggosok dengan benda lain adalah salah satu cara untuk memberi muatan listrik pada benda.

Setiap benda terdiri atas atom. Atom merupakan bagian terkecil penyusun benda. Atom penyusun benda terdiri dari inti atom yang bermuatan positif (+) dan dikelilingi oleh elektron atau muatan negatif (-).

A.Jenis muatan listrik

Jika kita simak pembahasan diatas maka jenis muatan listrik terbagi 2, yaitu  bermuatan positif dan bermuatan negatif.

#Benda dikatakan bermuatan listrik positif apabila mengalami kekurangan muatan listrik negatif (elektron).

#Benda dikatakan bermuatan negatif apabila mengalami kelebihan elektron.

Kelebihan atau kekurangan elektron pada benda terjadi karena elektron dapat berpindah. Contohnya pada sisir plastik atau mistar plastik. Sisir plastik dapat menarik sobekan kertas kecil karena telah bermuatan listrik negatif. 

Saat digosok dengan rambut kering, elektron pada rambut kering berpindah pada sisir atau mistar. Akibatnya sisir atau mistar kelebihan elektron, sedangkan rambut mengalami kekurangan elektron.

B.Interaksi muatan listrik

Interaksi muatan listrik terbagi 2, tarik-menarik dan tolak-menolak. 

#tarik-menarik

Interaksi muatan listrik tarik-menarik akan terjadi apabila didekatkan dua benda bermuatan listrik berbeda. Benda yang bermuatan listrik positif didekatkan dengan benda yang bermuatan listrik negatif akan saling tarik menarik.

Contohnya, sisir plastik yang bermuatan listrik negatif setelah digosok dengan rambut kering, didekatkan dengan batang kaca yang bermuatan positif setelah digosok dengan kain sutera, akan terjadi interaksi tarik menarik.

#tolak-menolak

Interaksi muatan listrik tolak-menolak akan terjadi apabila didekatkan dua benda dengan muatan listrik yang sama, yaitu sama bermuatan positif atau sama bermuatan negatif.

C.Deret tribolistrik

Deret tribolistrik adalah urutan deret benda yang akan bermuatan listrik negatif bila digosok dengan sembarang benda di atasnya dan akan bermuatan listrik positif bila digosok dengan benda di bawahnya.

Deret tribolistrik berguna untuk mengetahui gejala listrik statis pada benda.

Ada 14 macam benda dalam Deret Tribolistrik, yaitu:

1.Bulu kelinci

2.Gelas (kaca)

3.Mika (plastik)

4.Wol

5.Bulu kucing

6.Sutera

7.Kapas

8.Kayu

9.Batu ambar

10.Damar

11.Logam (Cu, Ni, Ag)

12.Belerang

13.Logam (Pt, Au)

14.Selenoid.

Contoh: Mika plastik (nomor 3) digosok dengan Bulu kelinci (nomor 1) yang berada di atasnya, maka Mika plastik akan bermuatan listrik negatif, sedangkan bulu kelinci akan bermuatan listrik positif.

Nah, artikel selanjutnya akan dibahas Hukum Coulomb yang menyatakan gaya interaksi muatan listrik statis. Sampai jumpa.***

0 Response to "Muatan Listrik Statis pada Benda"

Posting Komentar