Pelatihan Kilat Penggunaan Google Form untuk Guru

Pelatihan kilat penggunaan Google form untuk guru - Google Form dan Google Classroom (Google Kelas) adalah dua platform keluaran google yang telah populer digunakan dalam mendukung BDR (Belajar Dari Rumah) pada masa pandemi. Oleh sebab itu setiap guru perlu memiliki keterampilan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Tujuannya untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran maupun memberikan perangkat evaluasi pembelajaran.

Drs. Azri dalam pertemuan dengan guru SMPN 2 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Demikian kesimpulan hasil pembicaraan Drs. Azri dengan guru SMPN 2 Lintau Buo di kantor majelis guru setempat, Kamis (19/11/20).

Mengenai penggunaan kedua platform ini dalam BDR, seperti dikatakan satuan pendidikan Disdikbud Tanah Datar ini tidak menampik kalau sebagian guru sudah memiliki pengetahuan dasar. Apalagi diantaranya sudah mengikuti workshop mandiri penggunaan aplikasi tentang penggunaan Google Classroom dan Google Form di sekolah ini.

"Persoalannya adalah sejauhmana rekan guru mencoba menggunakannya dalam pembelajaran." sampai Drs. Azri.

Dalam kesempatan pelatihan kilat ini, Drs. Azri kembali memandu guru khusus penggunaan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran pada masa pandemi.

"Ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester cukup efektif dan efisien menggunakan Google Form," pungkas pengawas satuan pendidikan Disdikbud Tanah Datar ini.

Tips dan cara penggunaan Google Form serta contoh pembuatan soal dari Drs. Azri ini berhasil menarik perhatian dan antusias para guru peserta.

Refrimadhona, S.Pd. dipandu langsung oleh Drs. Azri dalam uji coba pengiriman tugas via Google Form (matrapendidikan.com)

Seperti sudah diinfokan matrapendidikan.com sebelumnya, Isral, S.Pd., guru Matematika SMPN 2 Lintau Buo juga menyelenggarakan workshop mandiri kepada guru. Namun Isral, SPd. lebih memfokuskan pada penggunaan Google Classroom dalam presensi atau kehadiran siswa.

Pertemuan pengawas satuan pendidikan dan guru kali ini merupakan tahap pembinaan kompetensi guru dibidang teknologi media pembelajaran pada masa pandemi. Dengan demikian para guru sudah memiliki bekal untuk menggunakan google classroom maupun Google Form untuk penunjang pembelajaran pada masa pandemi.

Menurut Titin Susilawati, Kepsek SMPN 2 Lintau Buo, pertemuan seperti masih akan dilanjutkan kepada pelatihan platform lain seperti Aplikasi Zoom dan Google Meet.***

0 Response to "Pelatihan Kilat Penggunaan Google Form untuk Guru"

Posting Komentar