Peran Guru dalam Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-9

Peran guru dalam pendidikan pada masa pandemi covid-19 - Pada masa pandemi ini rekan guru diharapkan dapat berperan ganda dalam pendidikan. Selain sebagai guru yang mengajar dengan penuh semangat, guru juga diharapkan sebagai juru bicara yang baik tentang Coronavirus Deases (Covid-19).

Drs. Azri didampingi Kepsek Titin Susilawati, S.Pd (matrapendidikan.com)

Hal itu disampaikan Drs. Azri, Pengawas Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanah Datar, saat berbicara di hadapan guru SMPN 2 Lintau Buo yang bertempat di Ruang Laboratorium IPA, Kamis (12/11/20).

Drs. Azri mengawali kunjungan supervisi belajar dari rumah (BDR). Pada kunjungan awal ini ia memberikan orientasi umum tentang Covid-19 dan kaitannya dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Guru berperan penting dalam menyampaikan informasi yang benar tentang Covid-19 dan upaya pencegahannya." sampai Drs. Azri di awal pembicaraannya.

Lebih jauh pengawas satuan pendidikan tersebut mengingatkan rekan guru untuk peduli terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal.

"Jika ada masyarakat di sekitar rumah yang terdampak virus Corona hendaknya guru membantu dalam penyembuhan paling tidak bantuan pemikiran positif dan bukan memperburuk suasana psikologis," tandas Drs. Azri.

Tetap gembira mengajar

Guru sedang mendengar sharing informasi dari Pengawas Satuan Pendidikan (matrapendidikan.com)

Menyinggung problema yang dihadapi rekan guru dan siswa dalam sistem BDR, pengawas kreatif itu menghimbau agar guru tetaplah gembira dalam mengajar daring.

"Untuk menghindari kebosanan siswa belajar dari rumah hendaknya guru mencoba berbagai variasi dalam mengajar daring. Misalnya mencoba mengajar dengan media seperti google classroom, google form dan zoom meeting," katanya optimis.

Harapan pengawas itu cukup beralasan karena guru maupun siswa sudah difasilitasi dengan paket data internet. Persoalannya sampai dimana kemampuan teknis dan kemauan guru maupun siswa dalam memanfaatkan fasilitas tersebut.***

1 Response to "Peran Guru dalam Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-9"

  1. Tetap gembira itu yang penting
    Ditempat saya umumnya menggunakan google meeting

    BalasHapus