Semangat Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi

Semangat guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi - Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Peringatan HGN tahun 2020 ini kiranya sangat istimewa. Keistimewaan bukan semata karena  momen peringatannya melainkan juga karena maknanya. HGN ke-75 ini diperingati pada masa pandemi Covid-19.

Logo Hari Guru Nasional (Kemendikbud RI)

Guru dan siswa saat ini dipisahkan oleh keadaan. Tak lagi bisa berinteraksi bertatap muka secara utuh di ruang kelas. Guru tak lagi bisa menyampaikan materi pelajaran, mengontrol perilaku siswa yang penuh dinamika melalui tatap muka di ruang kelas.

Guru dan murid dipisahkan oleh jarak. Murid Belajar Dari Rumah (BDR). Guru Mengajar Dari Rumah (MDR). Pembelajaran berlangsung secara daring. Tak ayal lagi, hal ini telah menimbulkan permasalahan yang tidak bisa dianggap kecil.

Meskipun demikian guru tidak putus asa. Semangat dan profesionalisme guru semakin ditantang untuk mengatasi permasalahan pembelajaran pada masa pandemi. Banyak guru mengikuti webinar dan pelatihan kilat untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta keterampilan mengatasi masalah pembelajaran.

Guru ditantang untuk menguasai teknologi informasi untuk dapat berinteraksi secara aktif maupun pasif dengan murid melalui media belajar berbasis teknologi internet.

Sebutlah itu aplikasi WhatSapp, google classroom dan google form. Kemudian aplikasi berplatform video, seperti zoom, google meet, dan lain sebagainya.

Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud, juga memfasilitasi kebutuhan guru dan murid dalam pembelajaran daring. Bantuan paket data internet untuk guru dan siswa adalah contoh nyata kepedulian pemerintah. Kemudian menjadikan media radio dan televisi sebagai media belajar dan mengajar.

Orangtua siswa juga ikut mendukung pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi. Keikutsertaan para orangtua mendampingi dan memfasilitasi belajar anak di rumah adalah bentuk nyata kepedulian orangtua terhadap proses pendidikan anak pada masa pandemi.

Semua pihak telah mendukung pelaksanaan tugas guru dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Hal ini menjadi pemantik semangat guru untuk terus berinovasi dalam mengatasi masalah pembelajaran daring.

Selamat Hari Guru Nasional ke-75 tahun 2020.***

0 Response to "Semangat Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi"

Posting Komentar