Teks Eksplanasi dalam Program Guru On Air di Radio Luhak Nan Tuo

Teks eksplanasi dalam program guru on air di radio Luhak nan tuo - Warniati, S.Pd guru bahasa Indonesia dari SMPN 2 Lintau Buo tampil dalam program Guru on Air di Radio Luhak Nan Tuo 102.5 FM Batusangkar, Rabu ini (4/11/2020). Pembelajaran melalui radio Pemda Tanah Datar tersebut diikuti oleh siswa kelas 8, guru dan orangtua siswa. 

Warniati, S.Pd : "Teks eksplanasi" (matrapendidikan.com)

Warniati, S.Pd merupakan guru kedua dari SMPN 2 Lintau Buo yang tampil dalam program Guru On Air ini setelah Isral, S.Pd (Matematika) yang tampil awal bulan Oktober lalu.

Sementara itu guru-guru SMPN 2 Lintau Buo menyaksikan acara tersebut bersama-sama di ruang majelis guru. Nonton bereng via gadget masing-masing tersebut juga diikuti matrapendidikan.com. 

Warniati S.Pd, guru yang telah mengajar 29 tahun di SMPN 2 Lintau Buo ini tampil dengan materi Teks Explanasi untuk siswa Kelas 8.

Kompetensi dasar (KD) yang hendak dicapai dalam pembelajaran ini adalah mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam dan sosial yang diperdengarkan atau dibaca.

Dalam penjelasannya, guru yang disapa 'buk WR' tersebut menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu peristiwa, baik peristiwa alam, sosial maupun  peristiwa pribadi.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa teks eksplanasi memiliki ciri-ciri antara lain, memuat informasi waktu, berpola kronologis dan lain-lain.

Berdasarkan perhatian matrapendidikan.com, Warniati, S.Pd tampil bagus meskipun terdapat kekurangan. Namun hal itu terimbangi dengan cara ia tampil. Nilai unik dan menjadi nilai plus guru bahasa Indonesia ini adalah intonasi dalam penyampaian materi pelajaran yang cukup jelas dan padat.***

0 Response to "Teks Eksplanasi dalam Program Guru On Air di Radio Luhak Nan Tuo "

Posting Komentar