Trik Agar Tidak Tertipu Saat Berbelanja Online

Trik agar tidak tertipu saat berbelanja online - Kita semua sama-sama tahu bahwa sebagai besar masyarakat Indonesia memiliki gaya hidup konsumtif, terlebih lagi kaum hawa, ingin beli ini, ingin beli itu.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan, kita tidak perlu lagi harus ke pasar ataupun ke mall. Di era globalisasi yang serba online dan instan ini, kita bisa dengan langsung memesan sesuatu seperti makanan, pakaian, peralatan rumah dan masih banyak lagi. 

Tinggal klik di gadget saja, barang yang kita pesan bisa sampai didepan rumah hanya dengan hitungan hari bahkan jam.

Ilustrasi (pexels.com)

Namun, sebagai konsumen, kita tentunya harus selektif juga loh dalam  memilih platform ataupun situs belanja  online. Kita harus tetap waspada karena tidak semua situs belanja online bisa kita percaya dan sesuai dengan minat konsumen. 

Penipuan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tidak bisa kita pungkiri. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa melihat kondisi serta kualitas produk yang akan kita beli secara langsung, layaknya berbelanja offline (secara tatap muka). 

Oleh sebab itu, perlu beberapa trik nih agar kita tidak tertipu saat berbelanja online. Simaklah beberapa trik berikut:

1.Lakukan riset terhadap toko

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mencari tahu reputasi toko itu sendiri. Pastikan statusnya apakah toko tersebut masih aktif atau tidak. Selain itu, cari tahu juga sudah berapa lama toko tersebut beroperasi.

2.Cek ulasan toko

Hal yang tidak kalah penting yang perlu kita lakukan juga  adalah dengan menyimak ulasan atau komentar dari pembeli sebelum nya. Simaklah ulasan dari pembeli sebelumnya secara cermat baik dari segi komentar, maupun keaslian foto produk (real  pict). 

Dengan begitu, akan membuat kita semakin yakin apakah produk tersebut layak atau tidak untuk dibeli.

3.Pahami pola testimoni

Terkadang, ada beberapa penjual yang mengunggah testimoni-testimoni dari para pelanggan nya. Hal ini dapat kita lihat dalam bentuk screenshot chat dari pembeli kepada penjual bahwasanya produk sudah diterima dan terdapat beberapa komentar pembeli. 

Tapi, hati-hati dulu, jangan langsung percaya. Bisa saja kan, penjual nya itulah yang mengada-ada dengan membuat banyak fake account (akun palsu). 

Nah, untuk itu kita perlu trik agar tidak tertipu oleh si penjual tersebut. Caranya yaitu dengan memahami pola-pola testimoni tersebut. Biasanya testimoni yang diunggah oleh penjual lebih dari satu bahkan lebih dari 10. 

Yang perlu kita perhatikan adalah komentar dari pembeli, jika kata-katanya terlihat mirip bahkan sama persis, sudah bisa kita pastikan bahwa testimoni tersebut adalah palsu, karena komentar tiap orang kan pasti beda-beda, dan tidak mungkin kata-katanya bisa sama persis.

4.Cek harga

Kebanyakan dari kita pasti tergiur dengan iming-iming harga yang murah. Apalagi ditambah diskon besar-besaran. Nah, jangan sampai kita terjebak. Sebagai konsumen, kita harus menggunakan logika apakah harga tersebut masuk akal atau tidak. 

Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membandingkan harga pada produk yang sama dengan beberapa toko lainnya. 

5.Cek deskripsi produk secara detail

Saat ini, kebanyakan penjual telah menyajikan informasi mengenai deskripsi produk nya sendiri. Kita harus membaca deskripsi tersebut secara cermat dan sedetil mungkin. 

Jika informasi yang diberikan dirasa kurang cukup, kita bisa menanyakan langsung kepada penjual melalui fitur chat (hubungi penjual).

6.Pilihlah metode pembayaran yang tepat

Hal terakhir yang perlu kita perhatikan adalah tentang metode pembayaran. Ada baiknya, kita melakukan pembayaran dengan metode COD (Cash on Delivery) atau bayar ditempat yang mana pembayaran dilakukan pada saat produk sudah kita terima. 

Kita bisa mengecek kondisi produk tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Jika produk yang dipesan tidak sesuai dengan permintaan kita, maka kita bisa membatalkan pembelian untuk produk tersebut.

Nah, itulah beberapa trik agar tidak tertipu saat berbelanja online. Jadilah konsumen yang bijak agar kita tidak menyesal dikemudian hari.*** (Oleh : Fauzia)

0 Response to "Trik Agar Tidak Tertipu Saat Berbelanja Online"

Posting Komentar