Pernik Turnamen (4) : Aksi Heroik Penjaga Gawang dalam Menyelamatkan Gawangnya

Pernik turnamen (4) : Aksi heroik penjaga gawang dalam menyelamatkan gawangnya - Penjaga gawang (keeper) merupakan satu-satunya pemain dalam satu tim yang boleh menyentuh bola dengan tangan dalam suatu pertandingan yang sedang berlangsung. Seorang penjaga gawang juga mengenakan kostum berbeda (jersey) dengan kostum timnya. 

Aksi lompat di udara penjaga gawang Lintau A. FC Ridwan Sae untuk menangkap bola tinggi (matrapendidikan.com)

Lazim seorang keeper mengenakan kostum dengan nomor di punggung, Nomor 1. Namun sering juga terlihat penjaga gawang mengenakan kostum dengan nomor lainnya.

Yang paling menarik dari seorang penjaga gawang adalah aksi spontan, tanpa dibuat-buat, saat suatu pertandingan berlangsung. Aksi-aksi penjaga gawang tersebut untuk menghalau bola agar tidak masuk ke gawang sendiri. 

Misalnya, melompat ke udara sambil menangkap atau menepis bola dengan tangan. 

Penjaga gawang FCDC, Af Labai "Superman" berkepala plontos terbang menghalau bola keras ke samping gawangnya (matrapendidikan.com)

Hal ini juga terjadi dan disaksikan dalam Turnamen Lintau Oldstar Cup II 2020 dari babak awal sampai semifinal. 

Pertandingan sepak bola level kabupaten yang berlangsung di Lapangan Alai Telaga Bujur Nagari Taluk ini merupakan kerja sama panitia dengan Tim Sukses dan Simpatisan Darma Tani Nomor 1, Dzaza Furnitur Lintau, para donatur serta didukung oleh situs matrapendidikan.com.

Keeper Mando Yendri (Repan FC) meninju bola dengan dua tangan untuk mengusir bola (matrapendidikan.com)

Anda mungkin juga sering memperhatikan gelagat keeper saat terjadi tendangan bebas ke gawangnya. 

Sebelum bola ditendang pemain lawan, sang penjaga gawang sibuk melihat celah pada pagar betis. Sesekali berteriak memberi instruksi.

Ada juga penjaga gawang yang melongo, tak dapat berbuat apa-apa karena gagal menghalau bola sehingga si kulit bundar bersarang dalam gawangnya. Akhirnya terpaksa memungut bola dari gawangnya sendiri.***

0 Response to "Pernik Turnamen (4) : Aksi Heroik Penjaga Gawang dalam Menyelamatkan Gawangnya"

Posting Komentar