PAS Ganjil Siswa Patuhi Protokol Kesehatan

PAS ganjil siswa patuhi protokol kesehatan - Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap (1) untuk jenjang SMP di Kabupaten Tanah Datar, khususnya di SMPN 2 Lintau Buo sudah dimulai hari ini, Selasa (1/12/20). Sekolah yang berlokasi di Nagari Tigo Jangko Lintau Buo ini lebih dulu seminggu dari jadwal yang diturunkan MKKS SMP Kabupaten karena menyelenggarakan ujian PAS secara tatap muka.

Susana ujian tatap muka di sekolah (matrapendidikan.com)

Berdasarkan perhatian Matra Pendidikan di sekolah tersebut, pelaksanaan ujian sudah sesuai aturan atau prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah masa pandemi Covid-19

Ujian dilaksanakan dua shift bertingkat sehingga memerlukan waktu sekitar 3 Minggu sampai selesai. Selanjutnya satu ruangan diisi oleh 15 sampai 17 peserta ujian.

Guru penyelenggara dan peserta didik peserta ujian PAS sudah diingatkan jauh-jauh hari oleh pimpinan sekolah, Titin Susilawati, S.Pd. agar mengikuti protokol kesehatan jika ingin menyelenggarakan ujian PAS secara luring (tatap muka).

"Paling tidak, pengawas dan peserta ujian di ruang ujian harus menerapkan 3 M, Menjaga jarak sosial, Mencuci tangan dan Memakai masker." ujar kepala sekolah ketika rapat dewan guru untuk menghadapi PAS Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021, beberapa waktu lalu.

Peserta ujian, duduk pada jarak 1 meter, mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah ujian. Untuk keperluan ini, sebelum pintu masuk sudah disediakan alat pencuci tangan seperti air, pembersih dan tisu pengering.

Alat protokol kesehatan (matrapendidikan.com)

Di sisi lain, pelaksanaan ujian tatap muka pada PTS maupun PAS sudah disepakati bersama antara pihak sekolah dengan komite maupun orangtua peserta didik dan disetujui oleh pengawas satuan pendidikan dari Disdikbud Kabupaten Tanah Datar.

Menyinggung hasil ujian, seperti pengalaman pelaksanaan PTS lalu, diperkirakan lebih valid dan akurat. Hal ini karena siswa tidak memperoleh bantuan dalam menjawab soal, apalagi tempat duduk peserta didik cukup berjauhan.

Hal ini berbeda dengan ujian daring dimana memungkinkan peserta ujian dibantu oleh mesin pencari seperti google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.***

0 Response to "PAS Ganjil Siswa Patuhi Protokol Kesehatan"

Posting Komentar