6 Hal Penting Dilakukan Pihak Sekolah Jika Melaksanakan Tatap Muka

6 Hal penting dilakukan pihak sekolah jika melaksanakan tatap muka - Semester genap (2) Tahun Ajaran 2020/2021 akan dimulai Senin, 4 Januari 2021 dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Diperkirakan, pada minggu pertama tersebut belum akan dimulai pembelajaran efektif. Pihak sekolah masih mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan pemenuhan persyaratan pembukaan sekolah dalam adaptasi kebiasaan baru (new normal).

Rapat koordinasi persiapan belajar tatap muka.(doc.matrapendidikan.com)

Meskipun pemerintah telah memutuskan untuk membuka sekolah kembali namun banyak orangtua masih was-was. Khawatir akan keamanan dan keselamatan anak serta terbentuknya klaster baru penyebaran virus Corona di sekolah.

Keraguan tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah dan pihak penyelenggara pendidikan di sekolah.

Di pihak lain, pembelajaran daring yang sudah dilaksanakan juga telah menimbulkan berbagai persoalan terutama jika dikaitkan dengan kepentingan pembelajaran siswa.

PTM dalam adaptasi kebiasaan baru memang perlu perhatian serius terutama oleh pihak sekolah. Jika melaksanakan PTM, pihak sekolah perlu memberikan jaminan terpenuhinya budaya hidup bersih dan penerapan protokol kesehatan ketat. 

Sekolah perlu nemperhitungkan PTM yang aman dan bermakna. Aman untuk siswa dalam proses belajar dan untuk guru dalam proses mengajar di ruang kelas.

Diyakini, tidak mudah memang. Namun segala upaya perlu dilakukan oleh pihak sekolah. Sebagai contoh, dikemukakan bagaimana upaya SMPN 2 Lintau Buo dalam mempersiapkan PTM dalam adaptasi new normal.

Sekolah berlokasi di Kenagarian Tigo Jangko, Lintau Buo Kab. Tanah Datar (Sumbar) sudah siap melaksanakan PTM mulai awal Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021.

Berikut beberapa hal penting yang dilaksanakan pihak sekolah:

1. Koordinasi dengan pihak terkait

Sebelum memutuskan untuk nenyelenggarakan PTM pihak sekolah telah melaksanakan koordinasi antar warga sekolah, komite sekolah dan orangtua siswa serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar. Koordinasi dengan pihak disebutkan ini berkaitan dengan persetujuan.

2. Menyusun SOP PTM

Menyusun SOP (Standar Operasional Prosedur) menjadi langkah penting dalam membuka sekolah di tahun 2021. SOP ini kemudian disosialisasikan kepada warga sekokah dan orangtua murid.

Sosialisasi bertujuan agar warga sekolah maupun orangtua siswa memahami dan mematuhi ketentuan PTM.

3. Membentuk Satgas Covid-19 

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di satuan pendidikan (sekolah) bertujuan untuk mencegah penularan dan memutus mata rantai Covid-19. 

Tugasnya antara lain mengawasi dan menindaklanjuti pelaksanaan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

4. Menyiapkan sarana dan fasilitas protokol kesehatan

Pihak sekolah telah menyiapkan sarana dan fasilitas yang dapat memenuhi persyaratan protokol kesehatan. Diantaranya masker pelindung cadangan, handsanitizer, termo gun, tong sampah khusus penampung masker bekas pakai dan lain sebagainya.

5. Pengaturan ruang belajar dan waktu

Hal yang tak kalah penting adalah pengaturan jumlah dan tempat duduk siswa di ruang kelas. Selain itu juga telah disusun rencana jadwal belajar tatap muka yang tidak memberatkan siswa, guru bahkan orangtua siswa.

6. Mengadakan simulasi

Simulasi sudah dilaksanakan di sekolah dengan ujian tatap muka dalam penyelenggaraan PTS (Penilaian Tengah Semester) dan PAS (Penilaian Akhir Semester).***

0 Response to "6 Hal Penting Dilakukan Pihak Sekolah Jika Melaksanakan Tatap Muka"

Posting Komentar