Nilai Rapor Siswa Jelek? Persiapkan Lagi Semester Baru dengan Baik

Nilai rapor siswa jelek? Persiapkan lagi semester baru ini dengan baik - Apakah siswa sudah menerima Buku Rapor hasil belajar Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 ini dari sekolah? Lalu, bagaimana hasilnya? Kurang bagus, bagus atau sangat bagus?

Ilustrasi nilai rapor (matrapendidikan.com)

Istilah 'kurang bagus', 'bagus' dan 'sangat bagus' adalah  3 kategori logis dari gambaran terhadap capaian siswa selama belajar pada semester awal di tingkat kelas tertentu. 

Siswa harus melakukan evaluasi terhadap perolehan hasil belajar yang tercantum pada buku rapornya. Jika hasilnya sudah sangat bagus, siswa perlu mempertahankan hasil yang sudah dicapai.

Namun jika buku rapor siswa jelek, atau kurang bagus, siswa perlu merenungkannya kembali. Bagaimana proses dan cara belajar yang dijalani pada semester ganjil ini.

Proses dan cara belajar siswa perlu diperbaiki dengan mempersiapkan semester baru ini dengan baik. Berikut tipsnya :

1.Pahami dan sadari kekurangan siswa dalam belajar

Sifat malas, mungkin menjadi salah satu kekurangan siswa dalam belajar. Nah, jika sudah memahami dan menyadari kekurangan ini maka sifat malas harus disingkirkan dulu jika ingin hasil belajar siswa meningkat ketika naik kelas nanti.

2.Tekad memperbaiki cara belajar

Selain menyingkirkan sifat malas juga perlu diiringi dengan tekad memperbaiki cara belajar. Misalnya, belajar di rumah harus setiap hari, bukan hanya ketika ada tugas atau PR saja. Atau belajar hanya waktu ada ujian saja. Belajar setiap hari ini perlu ditekadkan dalam diri siswa jika ingin bilai rapornya meningkat pada semester berikutnya.

3.Mengatur waktu belajar dengan baik

Sebagai siswa perlu mengelola waktu dengan baik. Hal ini terwujud dalam agenda kegiatan harian siswa. Ada waktu beribadah, bermain, membantu orangtua dan waktu belajar. Alokasi waktu belajar harus lebih banyak lagi.

4.Belajar tambahan

Untuk lebih memperkaya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran di sekolah ada baiknya siswa ikut belajar tambahan. Jika tidak sempat secara offline, siswa bisa bergabung dengan bimbingan belajar (Bimbel) online. Dalam hal ini direkomendasikan di Bimbel online nomor 1 di Indonesia, Ruangguru. 

Dengan fasilitas smartphone atau komputer personal siswa bisa menambah materi pelajaran dan meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran di bimbel Ruangguru ini.

Ruangguru menyediakan banyak fitur dan fasilitas menarik yang bagi siswa serta dilengkapi dengan video pembelajaran.

Saat ini, di ruangguru ada promo ruangguru dengan diskon menarik tentunya. Siswa dapat menggunakan kode promo produk Ruangguru namun berlangganan terlebih dulu. 

Tentu saja kesempatan ini menjadi peluang bagi siswa untuk persiapan semester baru guna meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dalam buku rapor tertera nilai sangat bagus!***

0 Response to "Nilai Rapor Siswa Jelek? Persiapkan Lagi Semester Baru dengan Baik"

Posting Komentar