Problema Pembelajaran Bahasa Arab Secara Online

Problema pembelajaran bahasa arab secara online - Pembelajaran bahasa arab adalah kegiatan mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang guru agar anak didik dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik, sehingga kondusif untuk mencapai tujuan belajar bahasa Arab tersebut.

Pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing sangat di butuhkan oleh banyak sekali orang, disamping untuk mata pelajaran tetap di sebagian sekolah, juga sangat perlu untuk menguasai ilmu bahasa dan kemahiran berbahasa Arab seperti muthala’ah, muhadatsah, insya’; nahwu dan sharaf, sehingga memperoleh kemahiran berbahasa yang meliputi empat aspek kemahiran, yaitu:

1.kemahiran menyimak

2.kemahiran membaca

3.kemahiran menulis

4.kemahiran berbicara

Menurut Departemen Agama (1975:117) bahwa tujuan umum pembelajaran bahasa Arab adalah:

(1).Untuk dapat memahami al-Quran dan hadist sebagai sumber hukum ajaran islam

(2).Untuk dapat memahami buku-buku agama dan kebudayaan islam yang ditulis dalam bahasa Arab

(3).Untuk dapat berbicara dan mengarang dalam bahasa.

Pembelajaran bahasa Arab dapat dilaksanakan secara tatap muka dan bisa juga dilaksanakan melalui daring (dalam jaringan). 

Terlebih saat pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk mengubah sistem pembelajaran langsung menjadi sistem belajar dari jarak jauh. 

Namun hal ini dapat kita jadikan sebagai motivasi agar lebih mampu menggunakan teknologi yang kita miliki tanpa harus menyesali apa yang terjadi. 

Secara umum, pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan jarak jauh (daring) memiliki problematika. Diantaranya linguistik dan nonlinguistik.

1.Problematika pembelajaran bahasa Arab linguistik

A.Pelafalan kata dan kalimat

Didalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat beberapa problematika dalam pelafalan kata dan kalimat, misalkan dalam pengucapan kosa kata, dalam percakapan antar peserta didik atau antar peserta didik dan pendidik, dan problematika dalam membaca dan tatanan bahasa. 

Melihat dari problema-problema tersebut pendidik sebaiknya memberikan contoh pelafalan kalimat dan memberikan harokat pada bahan ajar agar peserta didik mudah dalam mempelajarinya.

B.Materi yang sulit

2.Problematika pembelajaran bahasa Arab non linguistik 

A.Media pembelajaran 

Media pembelajaran yang relevan merupakan hal penting didalm pembelajaran bahasa Arab. Karena hal itu dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar.

B.Minat dan Motivasi dalam belajar 

C.Kuota dan Jaringan yang terbatas

Peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab tidak hanya dari kota saja. Bahkan peserta didik yang berada didalam pedalaman pun sangan berminat untuk mempelajari  bahasa Arab.  

Maka dari itu, sebaiknya pendidik menyediakan aplikasi e-learning untuk pembelajaran bahasa Arab yang rendah kuota dan mudah untuk diakses di manapun.

D.Waktu yang tersedia 

Dalam pembelajaran bahasa Arab harus ada penyesuaian antara waktu dan materi yang disampaikan agar peserta didik benar benar menguasai apa yang telah disampaikan pendidik.

E.Lingkungan kurang mendukung

Problema pembelajaran bahasa Arab non linguistik lainnya adalah lingkungan yang kurang mendukung.***

Keterangan:

Penulis 1 : Ismia Nanda 

Penulis 2 : Husna Nasihin

STIT MADANI YOGYAKARTA.

0 Response to "Problema Pembelajaran Bahasa Arab Secara Online"

Posting Komentar