Alur Penerapan Prokes dalam PTM di Sekolah

Alur Penerapan prokes dalam ptm di sekolah - Sekolah yang melaksanakan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dalam adaptasi kebiasaan baru akan mempedomani SOP (Standar Operasional Prosedur) dan menerapkan Prokes (Protokol kesehatan) ketat.

Ilustrasi protokol kesehatan di sekolah (pixabay.com)

SOP yang disusun sekolah dan sudah disetujui oleh dinas pendidikan menjadi pedoman dalam PTM. Sedangkan Prokes yang meliputi 3 M (Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) terintegrasi ke dalam SOP PTM. 

Contoh alur prokes di sekolah

Alur Prokes di setiap sekolah mungkin sedikit berbeda. Perbedaan itu disebabkan antara lain letak geografis sekolah dan sarana transportasi siswa ke sekolah.

Sebagai contoh di SMPN 2 Lintau Buo yang terletak di pinggiran jalan provinsi dan sarana transportasi pada umumnya sepeda motor.

1.Satgas Covid-19 sudah siaga di gerbang sekolah dengan peralatan termogun dan masker cadangan setengah jam sebelum jam belajar dimulai.

2.Memeriksa apakah siswa yang memasuki gerbang sudah mengenakan masker atau belum, membawa bekal konsumsi dan lain sebagainya.

3.Memeriksa suhu tubuh setiap siswa yang memasuki satu pintu gerbang. Bagi yang menggunakan sepeda motor diarahkan menuju depan kelas masing-masing dan memarkir motor di depan kelasnya masing-masing.

4.Siswa mencuci tangan dengan handsanitizer sebelum memasuki kelas.

5.Selama pembelajaran berlangsung, Satgas Covid-19 memantau siswa yang berkerumunan atau yang tidak mengenakan masker dengan baik.

6.Sirkulasi pergantian guru mata pelajaran di ruang kelas disepakati oleh guru mata pelajaran bersangkutan. 

7.Jika ada siswa yang sakit akan diantar ke unit perawatan  terdekat atau ke rumah siswa. 

8.Pengawasan penerapan Prokes bersifat persuasif dan mendidik.

Demikian alur sederhana contoh penerapan Prokes dalam PTM di sekolah. Namun lebih detailnya disesuaikan dengan kondisi sekolah.***

0 Response to "Alur Penerapan Prokes dalam PTM di Sekolah"

Posting Komentar