Beternak Bebek Petelur Kandang Kering

Beternak bebek petelur kandang kering - Beternak bebek kering merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan bila digeluti dengan sungguh-sungguh. Hal itu disampaikan salah seorang peternak bebek kandang kering atau bebek kering, Rahmad Daniel, S.Pd.I dalam rilisnya kepada Matra Pendidikan

Beternak bebek kandang kering (daniel/matrapendidikan.com)

Yang dimaksud dengan bebek kering adalah bebek yang dipelihara dalam kandang tertutup dan dikasih pakan pelet buatan.

Luas kandang 4 x 6 m untuk bebek sebanyak maksimal 100 ekor. Kandang dilapisi sekam agar tetap kering. 

Usia bebek mulai bertelur antara 3,5 sampai 5 bulan. Biasanya masa puncak bebek bertelur usia 8 - 9 bulan. Kemudian ada masa bebek rontok bulu paling lama 30 hari. Kemudian bebek bertelur kembali. Masa produktif bebek kering bertelur lebih kurang 2 tahun. 

Merk pakan bebek beraneka macam seperti premium, cargil, ISJ, dll dapat dibeli di toko PS terdekat. Takaran pakan bebek 1,2 gr per ekor. 

Jenis bebek yang biasa dijadikan bebek kering antara lain:

1. Bebek Mojosari

Bebek mojosari (daniel/matrapendidikan.com)

Kualitas mojosari dari segi fisik, harga, dibawah ratu, telur hijau. Telur yg dihasilkan selama masa bertelur lebih kurang 270 per ekor, warna bulu coklat muda kemerah-merahan.

Contoh telur bebek mojosari (daniel/matrapendidikan.com)

2. Bebek ratu bebek

Bebek ratu bebek (daniel/matrapendidikan.com)

Bebek ratu bebek unggul dalam fisik, dan jarang sakit, telur hijau, makan agak banyak dari mojosari dan medan. Jumlah telur yang dihasilkan selama masa bertelur lebih kurang 290 per ekor. Harga per ekor lebih tinggi dibandingkan dengan mojosari dan medan. Warna bulu cokelat muda.

3. Bebek medan 

Bebek medan (daniel/matrapendidikan.com)

Dari segi fisik sama bagus dengan bebek ratu. Harga dibawah mojosari, telur berwarna putih. Keunggulan bebek medan dibanding ratu dan mojosari adalah jumlah telur bebek medan lebih kurang 320 selama masa bertelur. Warna bulu hitam bintik-bintik putih. 

Nah, Rahmad Daniel menyediakan bibit bebek dara seperti ratu, mojosari, medan, hibrida dll. yang berumur kurang lebih 4 bulan yang akan diantar langsung ke alamat pelanggan. Harga sesuai dengan jenis bebek

Rahmad Daniel juga membeli bebek afkiran.

Bebek afkiran (daniel/matrapendidikan.com)

Telur bebek petelur kandang kering sangat laku di pasaran dibandingkan telur bebek lepas di sawah karena telur tahan lama dan tidak cepat busuk hingga bertahan sampai 1 bulan. 

Selain itu Rahmad Daniel juga membeli telur bebek dari para peternak.

Telur bebek kandang kering laku di pasaran (daniel/matrapendidikan.com)

Untuk apapun informasi mengenai cara beternak bebek petelur kandang kering, silahkan hubungi Rahmad Daniel, S.Pd.I via hp/WA0852-7297-5997***

0 Response to "Beternak Bebek Petelur Kandang Kering "

Posting Komentar