Perangkat Pembelajaran pada Masa Pandemi

Perangkat pembelajaran pada masa pandemi - Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 sudah memasuki minggu kedua. Peserta didik di Kabupaten Tanah Datar masih belajar dari rumah (BDH) dengan model pembelajaran daring. Konon, model pembelajaran ini belum ada kepastian untuk diteruskan atau diganti.

Arlis Anwar lagi live didampingi Wirda Nengsih dan Rocestry (Warniati/matrapendifikan.com)

Hal ini akan diketahui setelah proses dan keluarnya hasil tes swab pendidik. Itu artinya, belum ada kepastian model pembelajaran yang bakal diterapkan di sekolah-sekolah.

Ada 3 kemungkinan model pembelajaran di sekolah pada masa pandemi ini. Ketiga model dimaksud adalah PTM (Pembelajaran Tatap Muka) penuh, Daring dan pembelajaran Gabungan Tatap Muka dan Daring. 

Yang menarik dicermati adalah kesibukan pendidik menyiapkan segala model perangkat pembelajaran pada masa pandemi. Sehari sebelum tes swab, para pendidik diinstruksikan menyiapkan perangkat pembelajaran.

PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) di SMPN 2 Lintau Buo, mendapat giliran tes swab di Puskesmas Lintau Buo II Tigo Jangko, Jumat besok (15/1/2021).

Wah, guru pengin lebih rileks untuk menjalani tes swab besok. Makanya, operator musik wireless SMPN 2 Lintau Buo, Edy Samsul, mengambil inisiasi untuk mengadakan 'karaoke musik via wireless', usai para pendidik bekerja menyusun perangkat pembelajaran tersebut.

Operator Edy Samsul, angkat tangan dan 'menyerah' kepada juru foto (Warniati/matrapendidikan.com)

Luar biasa! Dari pertunjukan karaoke tersebut telah tampil beberapa guru seperti: Arlis Anwar (artis senior), Wirda Nengsih (artis ngetop) dan Rocestry (artis berbakat) serta minus Ropi'u (artis kawakan ini, lagi sibuk kayaknya).

Penggemar dan penikmat musik SMPN 2 Lintau Buo juga ada, diantaranya Isral, Hasma Umneti, Susilawati, Subirman, Warniati, dan lain-lain.

So, layaknya perangkat mobile dan dekstop, memang perlu direfresh. Begitu pula pikiran para pendidik, perlu penyegaran (refreshing) dengan aktivitas sederhana sekalipun. ***

0 Response to "Perangkat Pembelajaran pada Masa Pandemi"

Posting Komentar