Wasit Nasional Rahmat Kurniawan, Dibalik Sukses Laga Final Patameh Cup I

Wasit nasional rahmat kurniawan, dibalik sukses laga final patameh cup i - Gelanggang turnamen sepak bola Patameh Cup I telah usai. Tuan rumah Patameh FC Senior keluar sebagai kampiun. Menumbangkan Persikota FC Koto Tangah 2-0 di partai Final, Jumat sore kemaren (8/1/2021).

Wasit Rahmat Kurniawan memberi arahan pada kedua kapten tim sebelum pertandingan dimulai. (matrapendidikan.com)

Di balik kesuksesan jalannya  partai Final Patameh Cup I, ada sosok Rahmat Kurniawan, wasit yang memimpin pertandingan.

Wasit Nasional ini sudah malang melintang di kancah perwasitan Sumatera Barat. Wasit berusia 34 tahun ini juga telah memimpin berbagai pertandingan dalam turnamen atau kejuaraan di kabupaten Tanah Datar maupun Provinsi Sumatera Barat.

Sebutlah Piala Wali Kota Padang. Kemudian turnamen Minangkabau Cup, PSTS Tabing Cup, Liga Desa Nasional Tanah Datar dan masih banyak yang lainnya.

Pertandingan dalam cuaca buruk

Final antara tuan rumah Patameh FC vs Persikota FC berlangsung dalam cuaca buruk. Hujan yang turun membasahi lapangan rumput sampai licin. Beresiko terjadinya pelanggaran-pelanggaran maupun insiden. 

Namun kepiawaian Rahmat Kurniawan memimpin pertandingan, pelanggaran dan insiden berhasil diminimalisir. 

Wasit asal Batusangkar ini tidak perlu merongoh kocek berulangkali untuk mengeluarkan kartu bukti pelanggaran kepada pemain. 

Peringatan dan aba-aba lisan maupun isyarat kepada pemain cukup efektif saat pertandingan berlangsung.

Tuan rumah pilih bertahan

Ketika ditanya pengalamannya memimpin partai Final antara tuan rumah Patameh FC vs Persikota FC. Wasit yang juga sering memimpin pertandingan Futsal ini mengakui bahwa jalannya pertandingan relatif bagus.

"Lumayan bagus pertandingannya, pak. Terjadi jual beli serangan namun segi peguasan bola memang bagusan Persikota FC. Tapi dewi fortuna belum berpihak ke Persikota." ujarnya kepada admin matrapendidikan.com via facebook messenger Jumat malam (8/1/2021).

Lebih jauh wasit yang lagi menunggu hasil penyegaran wasit nasional futsal dan sepak bola ini mengungkapkan, Patameh FC memilih strategi bertahan setelah unggul 1-0 di babak pertama.

"Tuan rumah cenderung banyak menunggu serangan balik saja," timpal Rahmat Kurniawan.

Setelah unggul 1-0, Patameh FC memang cenderung bertahan. Hal ini terbukti manakala menejer tuan rumah menarik satu striker, Fauzi Fred keluar dan digantikan oleh back Fajar Audio.

Rapatnya pertahanan belakang Patameh FC membuat penyerang depan Persikota FC kesulitan menendang bola ke mulut gawang yang dikawal Oki Samdilova.

Menghadapi situasi seperti ini wasit Rahmat Kurniawan cukup jeli dalam mengawasi gerak-gerik pemain. Apalagi komunikasi dan koordinasi dengan hakim garis Rentos dan Dhio Panthosa, serta wasit cadangan Edi Sugianto berjalan lancar. 

Pertandingan ini akhirnya berlangsung menarik meskipun cuaca buruk. Hal ini tak luput dari kepiawaian wasit Rahmat Kurniawan dan sportifitas pemain serta dukungan penonton. ***

0 Response to "Wasit Nasional Rahmat Kurniawan, Dibalik Sukses Laga Final Patameh Cup I"

Posting Komentar