5 Tips Anak Semangat Belajar di Semester Baru Masa Corona

5 Tips anak semangat belajar di semester baru masa corona - Tahun baru semangat baru. Slogan awal tahun yang tentunya para bunda inginkan ya. Gara-gara Covid-19 si buah hati lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Belajarpun juga dilakukan di rumah. Orangtua juga ikut pusing kalau si buah hati tidak semangat belajar apalagi di masa pandemik seperti ini.

Semangat belajar anak (freepik.com)

Anak yang biasanya menghabiskan waktunya di sekolah dengan guru dan teman-temannya sekarang jadi lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga. 

Nah, tapi banyak juga lho, orangtua yang mungkin tidak sempat menemani buah hati belajar di rumah karena bekerja. 

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat buat semua pelajar, semangat belajar mulai menurun sejak belajar di rumah. Sekarang lagi memasuki semester baru di tahun 2021. Masihkah si buah hati kurang semangat menyambut semester baru? 

Simak 5 tips berikut, bangkitkan semangat si buah hati kembali:

1. Lakukan Mini liburan

Sebelum masuk semester baru, mini liburan menjadi tips yang jitu buat membangkitkan semangat si buah hati. Karena masih dalam masa pandemik dan tidak boleh banyak melakukan aktivitas yang menimbulkan kerumunan, mini liburan bisa dilakukan di sekitar rumah bunda. 

Mini liburan bisa jadi sarana untuk mempererat keluarga. Misalnya mengadakan barbeque, masak bareng si buah hati, membuat kue, berkebun, atau camping di pekarangan rumah bunda. 

Adanya mini liburan ini bisa membuat anak lebih fresh, lebih semangat dalam menempuh semester baru. Apalagi semester baru yang new normal.

2. Tahun baru, alat sekolah baru

Si buah hati pastinya sangat suka dengan sesuatu yang baru. Kalau ada yang baru pengennya buru-buru dipamerkan ke teman-teman di sekolah. Biasanya juga nih kalau punya barang baru pengennya dipakai terus. 

Tidak harus semua baru bunda, bisa salah satu yang harganya terjangkau misalnya pensil baru. Hal tersebut bisa menggugah semangat belajar si buah hati.

3. Dekorasi ruang belajar bersama anak

Buat para bunda yang tahun ajaran baru anaknya masih harus belajar di rumah jangan khawatir bunad. Yuk, desain ruang belajar bersama anak, dengan begitu anak akan lebih antusias belajar di rumah.

4. Bicara kepada anak

Komunikasi yang baik jadi tips yang ampuh untuk memberi semangat kepada si buah hati. Si buah hati mungkin akan jenuh selama belajar di rumah jadi ajak cerita si buah hati supaya tidak bosan ya bunda.

5. Jangan Paksa

Jangan biasakan untuk memaksa anak melakukan sesuatu. Sesuatu yang terpaksa hasilnya juga akan kurang maksimal. 

Ajak si buah hati untuk belajar pelan-pelan sambil coba memberikan pengertian kepada si buah hati petingnya belajar. Support selalu apa yang menjadi bakat si buah hati.

Semoga 5 tips yang menarik ini bisa bunda terapkan bagi si buah hati untuk menghadapi semester baru. Tahun baru semangat baru!***(Penulis: Dita Puti Melati)

1 Response to "5 Tips Anak Semangat Belajar di Semester Baru Masa Corona"

  1. Biasanya dengan mendekorasi ruangan belajar, anak menjadi semangat belajar karena nuansa warna-warna baru menghilangkan rasa bosan.

    BalasHapus