'Super Computer' Jadi Bukti Gunadarma Sebagai PTS Terbaik di Bidang Teknologi

Super computer jadi bukti gunadarma sebagai pts terbaik di bidang teknologi - Siapa yang tidak kenal Universitas Gunadarma? Universitas dengan segudang prestasi ini memang telah dikenal luas sebagai universitas berbasis Information Technology (IT). Hal ini juga sudah menjadi ciri khas tersendiri dari Universitas Gunadarma.

Seminar Teknologi Universitas Gunadarma (Sumber: viva.co.id)

Universitas Gunadarma telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A berdasarkan surat keputusan nomor 244/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2018 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Seperti yang tercatat di website resmi Universitas Gunadarma, saat ini tersedia sebanyak 38 program studi di Universitas Gunadarma. Mulai dari jenjang D3 sampai Doktoral.

Seluruh kurikulum yang disediakan oleh Universitas Gunadarma selalu berbasis IT. Tidak hanya itu, materi yang dikandung pun juga harus bermuatan IT. Saat ini, seluruh program studi Universitas Gunadarma juga diarahkan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Bahkan, Universitas Gunadarma juga mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi Society 5.0. Tidak heran jika Universitas Gunadarma menjadi PTS terbaik di bidang teknologi.

Dikutip dari Suara.com, Ketua Badan Perencanaan Informasi Universitas Gunadarma, Prof. Budi Hermana mengatakan bahwa pada awalnya, ciri khas tersebut tidak lepas dari sejarah dan perkembangan Universitas Gunadarma yang diawali dengan institusi pendidikan bidang matematika dan komputer sejak tahun 1981. Kini, keunggulan tersebut sudah bertransformasi ke arah kesiapan Universitas Gunadarma dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Prof. Budi Hermana juga menambahkan bahwa kurikulum di seluruh program studi di Universitas Gunadarma telah dikembangkan dengan muatan teknologi yang relevan dengan kebutuhan di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Sarana dan prasarana terkini yang menerapkan Artificial Intelligence, Big Data Analytics, atau teknologi lain yang mendorong Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, menurut Prof. Budi Hermana, juga mendukung kekuatan dari basis TIK Universitas Gunadarma.

Tidak hanya itu, pada tahun 2019, Universitas Gunadarma juga sempat menggelar seminar bertajuk “Teknologi Big Data dan Virtual Anatomy pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0”. Seminar tersebut digelar sebagai wujud kepedulian Universitas Gunadarma terhadap kemajuan teknologi komputer di tanah air. Seminar digelar di kampus Universitas Gunadarma di kawasan Depok, Jawa Barat. 

Dalam seminar ini, Universitas Gunadarma memperkenalkan sebuah komputer super canggih yang kemudian disebut sebagai Super Computer. Super Computer ini menjadi salah satu bukti yang mendukung Universitas Gunadarma menduduki posisi sebagai PTS terbaik di bidang teknologi. Apa itu Super Computer?

Komputer Super Canggih

Super Computer merupakan komputer super canggih yang bisa mengakses berbagai data dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi. Selain itu, komputer ini juga bisa berfungsi dengan waktu yang lebih cepat. 

Pertama di Indonesia

Mesin DGX-1  (Sumber: hardwarezone.com)

Super Computer merupakan peralatan tercanggih pertama yang dimiliki oleh kampus Universitas Gunadarma. Pada saat itu, komputer super canggih ini juga merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. 

Bermesin DGX-1

Dengan Super Computer, pengguna dapat melakukan riset atau penelitian dengan waktu yang lebih cepat dan hasil yang lebih akurat. Hal ini dikarenakan Super Computer memiliki mesin DGX-1, sehingga kemampuannya dalam mengakses dan mengolah data jauh lebih cepat dan akurat apabila dibandingkan dengan komputer biasa.

Berjejaring dengan Perguruan Tinggi Lain

Dikutip dari video wawancara Universitas Gunadarma ketika seminar teknologi big data dan virtual anatomy ini berlangsung, Koordinator LL DIKTI Wilayah 3 yaitu Dr. Lilah Sailah mengatakan bahwa komputer ini diharapkan dapat digunakan oleh para peneliti yang ada di Universitas Gunadarma untuk menghasilkan temuan-temuan baru ataupun pengetahuan-pengetahuan baru. Rencananya, Universitas Gunadarma juga akan berjejaring dengan perguruan tinggi lainnya, baik di level nasional maupun internasional terkait dengan penggunaan Super Computer.

Seminar teknologi big data dan virtual anatomy yang menghadirkan komputer super canggih ini, disaksikan oleh sejumlah praktisi komputer dan civitas akademisi Universitas Gunadarma. Peluncuran Super Computer diakui sebagai salah satu bukti nyata dari Universitas Gunadarma dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Saat ini, Universitas Gunadarma sudah bukan merupakan satu-satunya PTS di Indonesia yang memiliki Super Computer. Sejumlah perguruan tinggi lain juga sudah memilikinya, sesuai dengan rencana yang dipaparkan oleh Dr. Lilah Sailah pada saat seminar teknologi big data dan virtual anatomy berlangsung. Super Computer memungkinkan terjadinya pengembangan di bidang Artificial Intelligence serta Big Data Analytics pada berbagai disiplin ilmu.

Salah satu fasilitas terbaru dari Universitas Gunadarma, yaitu Universitas Gunadarma Technopark juga sudah menerapkan berbagai spektrum teknologi tersebut. Universitas Gunadarma Technopark sendiri, berperan sebagai pusat pengembangan dan penelitian berbasis TIK, sebagai pengembangan usaha rintisan di bidang teknologi, serta sebagai salah satu metode pembelajaran di luar kelas. Peran-peran ini, selaras dengan kebijakan terbaru dari Kemendikbud, yaitu kebijakan kampus merdeka yang memungkinkan mahasiswa belajar di luar kelas sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan dari masing-masing diri mahasiswa.***

Referensi:
‘Akreditasi Program Studi Universitas Gunadarma’, Kampusaja, [Daring]. Tautan:
https://kampusaja.com/akreditasi-universitas-gunadarma/ (Diakses: 6 Februari 2021)

Adam, H. ‘Universitas Gunadarma luncurkan supercomputer canggih yang pernah ada di indonesia’, Kampusaja, [Daring]. Tautan:
https://www.youtube.com/watch?v=EcVvKovx7Cg (Diakses: 6 Februari 2021)

Febrinastri, F. dan Hapsari, D. K. ‘Universitas Gunadarma (UG) Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0’, Kampusaja, [Daring]. Tautan:
https://www.suara.com/bisnis/2020/09/04/141024/universitas-gunadarma-ug-siap-menghadapi-revolusi-industri-40?page=all (Diakses: 6 Februari 2021)

Sumber Foto:
-Foto ‘Mesin DGX-1’ [Daring]. Tautan:
https://www.hardwarezone.com.sg/tech-news-nvidia-supercharges-dgx-1-supercomputer-volta-bumps-it-us149000-and-debuts-dgx-station-hal (Diakses: 6 Februari 2021)

-Foto ‘Seminar Teknologi Universitas Gunadarma’ [Daring]. Tautan:
https://www.viva.co.id/digital/digilife/1134209-mengenal-anatomage-dan-nvidia-dgx-1-gunadarma-hadapi-ri-4-0 (Diakses: 6 Februari 2021)

0 Response to "'Super Computer' Jadi Bukti Gunadarma Sebagai PTS Terbaik di Bidang Teknologi"

Posting Komentar