Handphone Berdering Saat Sholat Berjamaah

Handphone berdering saat sholat berjamaah - Ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid atau musholla. Mungkin Anda pernah mendengar handphone (Hp) jamaah berdering dengan tiba-tiba. Atau Hp Anda sendiri yang berdering saat sholat berjamaah.

Ilustrasi ponsel dinonaktifkan (matrapendidikan.com)

Deringan Hp itu terdengar nyaring dan berulangkali sehingga mengalihkan perhatian jamaah yang semula sudah khusuk.

Jamaah laki-laki yang kebetulan membawa telepon seluler (Ponsel) akan menyimpannya di kantong celana. Ada juga yang meletakkannya di atas tikar alas sholat. Bagi yang membawa tas akan menyimpannya dalam tas tersebut.

Tentunya Hp atau Ponsel tersebut telah dimatikan atau dinonaktifkan terlebih dulu. Atau paling tidak nada deringnya sudah dinonaktifkan oleh jamaah yang membawa Ponsel tersebut sebelum memasuki masjid/musholla.

Di beberapa sisi dinding masjid ataupun musholla juga terdapat notifikasi yang mengingatkan jemaah yang membawa Hp. Bunyinya kira-kira begini : 

Hp harap dimatikan/dinonaktifkan!

Akan tetapi tak dapat dinafikan, justru disaat sholat berjamaah, kerap juga terjadi 'insiden' Hp berbunyi, berdering berulangkali.

Tentu saja ada faktor kelupaan sebagai manusia biasa yang tak dapat dielakkan. 

Lupa mematikan Hp atau menonaktifkan nada deringnya. Mungkin karena tergesa-gesa masuk ke masjid atau musholla.

Di pihak lain, boleh jadi si penelpon tidak mengetahui kalau orang yang ditelepon sedang menunaikan sholat berjamaah di masjid ataupun musholla. 

Si penelpon sengaja menghubungi orang yang ditelepon karena penting! 

Dipanggil berulangkali. Jika kebetulan orang yang dihubungi sedang melaksanakan shalat berjamaah dan terlupa mematikan hp. Deringan Hp akan mengganggu kekhusukan sholat jamaah lain.

Hal ini akan menjadi pelajaran berharga bagi kita jika ingin menelpon seseorang (laki-laki). Sebelum menelpon, kita perlu juga mengingat waktu sholat.

Jika ditelpon sekali, dan ternyata tidak diangkatnya, boleh jadi orang itu sedang mendirikan sholat karena memang dalam rentang waktu sholat. Allahuwallambissowaab...!***

0 Response to "Handphone Berdering Saat Sholat Berjamaah"

Posting Komentar