Pelayaran Mendebarkan Menuju Pulau Pasumpahan

Pelayaran nendebarkan menuju ke pulau pasumpahan - Usai melaksanakan RAT di Cavery Beach Hotel & Restaurant. Rombongan guru dan pegawai segera naik kapal motor tempel di dermaga Teluk Bungus. Dermaga ini tidak jauh dari tempat RAT. Cukup berjalan kaki beberapa menit saja sudah sampai di dermaga.

Tangkapan layar penumpang berpose bebas dalam pelayaran ke Pulau Pasumpahan (Wirda N/matrapendidikan.com)

Di dermaga sudah standby sebuah kapal motor tempel untuk membawa rombongan menyusur laut di tepi pantai Bungus menuju destinasi wisata Pulau Pasumpahan (Pasumpahan Island).

Semua penumpang mengenakan baju pelampung. Hal ini sudah menjadi prosedur pelayaran buat penumpang kapal motor.

Sekitar pukul 14.00 WIB, mesin kapal motor menyala dan kapal motor bergerak meninggalkan dermaga Teluk Bungus.

Buih ombak tersibak dari kapal motor (matrapendidikan.com)

Sesekali terdengar ucapan penumpang yang bernada khawatir akan keselamatan dalam pelayaran. Terutama dari penumpang wanita.

Petugas pemandu terdengar memberikan informasi sebagai jawaban atas kekhawatiran penumpang bahwa kapal motor tempel ini beroperasi sudah memenuhi standar pelayaran. 

Memang, pada awalnya saya juga agak deg-degan. Namun setelah mendengar ucapan pemandu dan memperhatikan ombak laut Teluk Bungus nampak normal, hati saya agak tenang.

Beberapa menit pelayaran, kami belum melihat apa-apa kecuali pinggiran pantai Bungus dengan latar belakang perbukitan pinus dan karang.

Meskipun diliputi rasa was-was, beberapa penumpang tetap berfoto selfi. Mengabadikan spot alam laut nan biru. 

Ada juga yang menyiarkan momen pelayaran ini secara Live di media sosial.

Dua pulau yang mulai terlihat di depan saat melewati PLTU Teluk Sirih (Wirda N/Matra pendidikan. com)

Ketika di sebelah kiri kami terlihat PLTU Teluk Sirih, beberapa pulau kecil di depan sana mulai kelihatan. 

Ombak laut mulai agak naik. Laju kapal motor terasa diperlambat dari semula. Pecahan ombak berbuih menimbulkan semprotan air berasa garam di tangan saya dan penumpang lainnya yang duduk di tepi kapal motor. 

Bahkan tangan saya terasa agak gatal kena percikan air laut. Ketika saya garut perlahan, muncul butiran halus garam di tangan.

Akhirnya, setelah memakan waktu 45 menit menelusuri pinggiran pantai, kapal motor merapat di dermaga Pulau Pasumpahan. Seluruh penumpah terlihat tenang dan merasa lega.

Kami dapat informasi dari google bahwa dari Kota Padang ke Bungus berjarak 21 km. Sementara dari Dermaga Bungus ke Pulau Pasumpahan menempuh waktu perjalanan lebih kurang 45 menit.

Oh, ternyata rombongan kami telah menempuh cara alternatif pertama untuk menuju Pulau Pasumpahan. Perjalanan darat yang pendek dari pusat Kota Padang namun akan menempuh waktu lama di pelayaran lama di laut.

Tentu akan berbeda jika berlayar dari dermaga Sungai Pisang. Konon dari dermaga Sungai Pisang hanya butuh waktu sekitar 15 menit berlayar sudah sampai di Pulau Pasumpahan.***

0 Response to "Pelayaran Mendebarkan Menuju Pulau Pasumpahan"

Posting Komentar