Keberadaan Penonton Pertandingan Sepak Bola

Keberadaan penonton pertandingan sepak bola - Dalam suatu pertandingan sepak bola, peranan penonton tak dapat diabaikan. Tak banyak artinya, jika suatu pertandingan tanpa penonton. Keberadaan penonton berfungsi psikologis terhadap suatu tim maupun pemain yang sedang bertanding.

Tanto (baju batik) dan kawan-kawan adalah penonton sekaligus pengamat pertandingan sepak bola TFC Cup I 2021 (matrapendidikan.com)

Tak mengherankan, penonton suatu pertandingan menjadi ramai kendatipun harus membeli tiket. Apalagi menonton pertandingan gratis! Seperti halnya pertandingan sepak bola turnamen Tigo Jangko Football Club ( TFC) Cup I 2021 di Nagari Tigo Jangko.

Dari sekian banyak penonton, paling tidak terdapat beberapa keberadaan penonton, misalnya sebagai pendukung suatu tim (suporter), pecandu, pengamat sepak bola dan lainnya.

Suporter tim tuan rumah memadati pinggir lapangan Landbow Tigo Jangko (matrapendidikan.com)

Suporter umumnya mendukung dan memberikan semangat terhadap suatu tim. Tujuannya agar tim kebanggaannya menang dalam bertanding. 

Akibatnya, dua tim yang bertanding memiliki suporter masing-masing.

Ada pula keberadaan penonton pertandingan yang hanya sekadar menyalurkan hobi dan mendapat kesenangan tersendiri. Tak peduli tim mana yang menang atau yang kalah di akhir pertandingan. Yang penting nonton sepak bola!

Agnanta dan rekan-rekan adalah penonton pecandu pertandingan sepak bola (matrapendidikan.com)

Pengamat sepak bola juga ada. Pengamat sepak bola ini menonton suatu pertandingan boleh jadi mencari pemain-pemain yang berbakat. 

Atau hendak melihat perkembangan strategi dan teknik bermain suatu tim yang kelak akan diterapkan dalam timnya.

Dhea dan Mayang adalah penonton sebagai ikon dan model turnamen TFC Cup I 2021 (matrapendidikan.com)

Oh, tentu tidak hanya itu keberadaan penonton dalam pertandingan sepak bola. Masih banyak lagi yang lainnya.***

0 Response to "Keberadaan Penonton Pertandingan Sepak Bola"

Posting Komentar