V-Class Gunadarma, Cara Terbaik Kuliah Jarak Jauh

V-Class gunadarma, cara terbaik kuliah jarak jauh - Pandemi COVID-19 berdampak sangat besar terhadap banyak sektor kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran dari jenjang sekolah hingga perguruan tinggi terpaksa dilakukan secara daring. Sejumlah kampus masih menerapkan kuliah online sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ilustrasi virtual class (pexels.com)

Hal itu juga dilakukan oleh Universitas Gunadarma, salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Dalam pelaksanaan kuliah jarak jauh, Universitas Gunadarma menggunakan program integrasi V-Class Gunadarma.

V-Class (Virtual Class) adalah proses belajar mengajar dimana dosen tidak berada pada ruangan yang sama secara fisik dan waktu sepanjang proses pembelajaran mata kuliah yang bersangkutan.

Sebagai kampus yang mengedepankan teknologi, Universitas Gunadarma sudah menggunakan pembelajaran berbasis V-Class jauh sebelum adanya pandemi. Dan sejak pemberlakuan belajar daring, sistem V-Class diterapkan untuk seluruh mahasiswa.

Pembelajaran dengan metode V-Class dilakukan secara online menggunakan laptop/komputer dan jaringan internet. Fasilitas ini tentu sangat membantu mahasiswa dalam memperoleh pelajaran, meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Apa Kelebihan V-Class?

Ada beberapa kelebihan dari pembelajaran berbasis V-Class, tentunya ini sangat membantu dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh. Nah, kira-kira apa saja sih keuntungan menggunakan V-Class?

1. Tidak Perlu Datang ke Kampus

Di masa pandemi seperti ini, semua orang diharapkan untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, guna mengurangi penyebaran virus corona. Dengan adanya V-Class, tentu sangat membantu dan memudahkan mahasiswa agar tetap bisa mendapatkan pelajaran tanpa perlu datang ke kampus.

Karena berbasis E-Learning, maka mahasiswa bisa mengaksesnya dengan mudah. Konsep ini akan mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan materi serta bimbingan dari dosen hanya dengan melalui internet.

2. Belajar Jadi Lebih Fleksibel

Kuliah online memungkinkan dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran mereka sendiri. Selain itu, ada fleksibilitas tambahan dalam mengatur jadwal pelajaran sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan.

Menggunakan V-Class memungkinkan keseimbangan kerja dan studi yang lebih baik. Jadi, pembelajaran tetap dapat berjalan dengan lancar meskipun mahasiswa dan dosen tidak bertemu secara langsung.

Belajar online mengajarkan mahasiswa keterampilan manajemen waktu yang penting. Hal tersebut membuat mahasiswa akan lebih mudah menemukan keseimbangan kerja-belajar yang baik.

3. Lebih Hemat Biaya

Hanya dengan perangkat dan jaringan internet, mahasiswa sudah bisa mengakses materi pelajaran dari dosen. Karena pembelajaran bisa dilakukan dirumah, maka mahasiswa dapat menghemat biaya.

Dengan belajar dari rumah, mahasiswa tidak perlu datang ke kampus. Pastinya ini bisa membantu menghemat biaya pengeluaran mereka saat kuliah biasa seperti biaya transportasi, biaya makan, dan lain-lainnya.

4. Berbagi Materi Pembelajaran yang Efektif

Melalui e-Learning System berbasis V-Class, dosen dapat berbagi materi pembelajaran di kelas virtual. Selain menjelaskan materi, dosen juga dapat mengunggah berbagai jenis file dokumen seperti e-book, video, atau lainnya.

Ada beberapa fitur yang ada di V-Class seperti tugas, obrolan, forum, quiz, survey, workshop, dan sebagainya. Dosen bisa memilih aktivitas yang ingin mereka lakukan dan bagikan kepada mahasiswa.

Dengan demikian, proses pembelajaran pun bisa lebih efektif. V-Class membantu mahasiswa bisa segera mengerjakan materi dan instruksi dari dosen. Hal ini meminimalkan miskomunikasi sehingga belajar jarak jauh menjadi semakin mudah.

5. Evaluasi Pembelajaran Mudah Dilakukan

Melalui sistem V-Class, evaluasi pembelajaran bisa dilakukan tanpa adanya kendala. Dosen dapat menilai proses pembelajaran melalui berbagai jenis tes seperti kuis, tes bab, atau ujian akhir.

Selain itu, tes juga dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Dosen bisa memilih beberapa pilihan, seperti mengisi yang kosong, benar / salah, pencocokan gambar, urutan, atau lainnya. Dosen juga dapat melampirkan media lain seperti gambar, video, atau rekaman suara.

6. Membantu Mencegah Penyebaran Virus Corona

Pada saat pandemi COVID-19, pembelajaran secara langsung mungkin dianggap terlalu beresiko bagi dosen, mahasiswa, dan semua staff. Kuliah jarak jauh menjadi solusi untuk membantu mencegah penyebaran virus corona.

Sejak munculnya virus corona, pembelajaran e-learning tampaknya menjadi salah satu cara teraman dan termudah untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Tentunya ini membantu dosen dalam menciptakan strategi penyampaian pelajaran yang lebih efektif dan efisien untuk mahasiswa.

7. Menggunakan Sistem Pembelajaran Modern

Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan menggunakan platform elearning yang dikelola oleh Universitas Gunadarma (http://v-class.gunadarma.ac.id), platform elearning lain, atau model pembelajaran lain yang memungkinkan mahasiswa belajar dari rumah atau tempat tinggal masing-masing yang diperkirakan terhindar dari resiko penyebaran COVID-19.

Selama pembelajaran jarak jauh dilakukan, layanan informasi akademik dan media komunikasi memanfaatkan laman studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id), laman staffsite (http://staff.gunadarma.ac.id), dan laman resmi lainnya atau laman web dari masing-masing unit kerja/satuan akademik sesuai dengan tugas pokok dan kewenangannya, yang dapat diakses secara daring oleh dosen dan mahasiswa.

Nah, sudah tahu kan apa itu V-Class Gunadarma? Pembelajaran berbasis V-Class adalah cara terbaik kuliah jarak jauh.***