Mengenal Minat dan Bakat Anak Melalui Test di Brain Academy Online

Mengenal minat dan bakat anak melalui tes di brain academy online - Minat dan bakat menurut hemat penulis serupa tapi tak sama. Minat dan bakat sama-sama melekat dalam satu individu. Akan tetapi kemunculannya tidak sama.  Begitu pula proses kemunculannya.

Minat adalah keinginan yang tumbuh setelah melewati sejumlah stimulus dari dalam dan luar diri seseorang. Bakat adalah bawaan minat dari dasar atau sejak lahir.

Setiap individu juga memiliki minat dan bakat berbeda. Ini tergantung pada perkembangan individu dan lingkungannya. Lalu bagaimana mengetahui minat bakat anak?

Sesungguhnya sangat banyak cara untuk mengenal minat dan bakat anak sejak dini. Misalnya, memberikan rangsangan (stimulus) terhadap diri dan lingkungan anak.

Selain itu juga melalui pengamatan tingkah laku dan aktivitas berulang pada anak. Selanjutnya aktivitas tersebut mendapat dukungan dari orangtua untuk berekspresi sesuai kebiasaannya.

Melalui cara-cara tersebut, orangtua dapat mengenal minat dan bakat anak. Begitu pula dapat memahami gaya belajar anak sehingga menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi.

Itulah pentingnya mengetahui minat dan bakat serta gaya belajar sebelum memilih jurusan. Pemilihan jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan gaya belajar anak membuat anak lebih bersemangat dan menjalani proses belajar dengan enjoy sehingga hasil belajar yang dicapai pun akan lebih optimal.

Anda dapat memperkirakan, jika salah memilih jurusan, artinya tidak sesuai minat dan bakat serta gaya belajar, akan menjadi celah bagi anak untuk gagal dalam mengikuti perkuliahan.

Bagaimana mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan perkuliahan selain cara diatas? 

Caranya dengan mengikuti tes minat dan bakat atau biasa disebut tes peminatan. Tentunya tes peminatan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. 

Tes kepribadian atau minat bakat bisa dicoba dan tes ini merupakan modul psikologi untuk melihat kecenderungan psikologis seseorang.

Melalui jawaban peserta tes, bisa dilihat berbagai kecenderungan, termasuk hal yang diminati, potensi, kekuatan, hingga kelemahan diri.

Tes minat bakat dilakukan dengan pendekatan ilmu psikologi. Itu sebabnya tes minat bakat harus dilakukan oleh ahlinya, yaitu psikolog. 

Hasil tes minat bakat dapat menjadi rekomendasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan.

Dimana bisa mencoba tes minat dan bakat? Direkomendasikan mencoba tes minat bakat di Brain Academy Online, bimbingan belajar online yang terpercaya.

Brain academy online akan membantu orangtua dalam memahami gaya belajar anak dengan konsultasi privat (1:1) dengan konselor. 

Orangtua juga dapat mengarahkan anak untuk mengikuti tes minat dan bakat di bimbingan online brain academy guna mengetahui minat dan bakat. Selain itu juga dapat berkonsultasi mengenai hasilnya ke konselor bimbingan belajar online tersebut.

Selain itu, kalau orangtua dan anak masih bingung ingin masuk jurusan kuliah apa, orangtua dan anak juga bisa bertanya ke konselor untuk diberikan referensi lebih lengkap.***

0 Response to "Mengenal Minat dan Bakat Anak Melalui Test di Brain Academy Online"

Posting Komentar