Tim Safari Ramadhan Pemnag Pangian Kunjungi Masjid Subulussalam Patameh

Tim safari ramadhan pemnag Pangian kunjungi masjid subulussalam patameh - Masjid Subulussalam Patameh Kenagarian Pangian Lintau Buo Kab. Tanah Datar kembali dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan (TSR), Senin (19/4/2021).

Ketua Tim Safari Ramadhan (TSR) I Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto memberikan informasi pembangunan (matrapendidikan.com)

Sebelumnya Masjid Subulussalam telah dikunjungi oleh TSR Pemda Tanah Datar yang dipimpin oleh Wakapolres Tanah Datar Kompol Eridal, SH Kamis lalu (15/4/2021).

TSR I Pemerintah Nagari (Pemnag) Pangian diketuai langsung oleh Wali Nagari Pangian, Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto. 

Tim ini terdiri dari unsur seperti Zulfianti (Bundo Kanduang), Linda Yeni (PKK), Wahyudi Efendi (BPRN), M.Ali (Kepala Jorong Patameh) dan Ichsan Maulana Bagadiang (Pemuda).

TSR I ini diinformasikan langsung oleh Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto dalam pembukaan paparannya tentang informasi pembangunan di Kenagarian Pangian.

Sementara itu, sebut ketua TSR I Nagari Pangian, TSR II diketuai oleh Syafrizal, A.Md (Ketua BPRN), TSR III UE Dt. Perpatih (Ketua KAN), TSR IV Novarisman (Sekretaris Nagari), TSR V Efrinaldi dan TSR VI Elfianti,S.Sn (Wakil Ketua BPRN).

Saat ini, ungkap wali nagari, Pemnag tengah mengupayakan pembangunan sarana umum seperti pembenahan jalan, jembatan dan proyek air minum. Selain itu juga upaya pemberantasan penyebaran Covid-19 di Nagari Pangian.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat dan program bantuan tunai langsung juga tengah dipersiapkan. Begitu pula program pelatihan mubaligh muda.

Sementara itu ustadz Radison, SE dalam kesempatan itu juga menyampaikan ceramah yang mengambil tema 4 pelajaran dari protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ustadz Radison, SE : 4 Pelajaran dibalik Protokol Kesehatan Covid-19 (matrapendidikan.com)

Ketika ditimpa musibah kita dianjurkan untuk mengucapkan Innalillahi wa innailairaji'un

Ucapan ini tidak hanya saat menerima kabar kematian. Melainkan juga saat ditimpa musibah lain. Termasuk musibah Covid-19.

Musibah Covid-19 telah merusak berbagai tatanan kehidupan masyarakat. Tidak hanya dalam aspek ekonomi melainkan juga sosial dan keagamaan umat muslim terutama pembatasan-pembelatasan yang telah diberlakukan beberapa waktu sebelumnya.

Kita bersyukur saat ini karena tidak lagi ada pembatasan dalam berkumpul di tempat ibadah di daerah ini. 

Hanya saja masyarakat diminta untuk menerapkan protokol kesehatan. Pelajaran apa dibalik penerapan protokol kesehatan?

Ustadz Radison, SE menguraikan bahwa mengenakan masker bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Corona melalui mulut dan hidung.

Pelajaran dibalik ini adalah supaya kita menjaga mulut dari ucapan dan perkataan yang tidak baik dan menyakitkan hati orang lain.

Mencuci tangan bertujuan untuk membersihkan telapak tangan dari bakteri dan virus. Ini mengingatkan kita untuk selalu berwuduk dan melaksanakan kewajiban sholat.

Menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus Corona melalui kontak fisik. Pelajaran yang kita ambil adalah kembali mengingatkan kita tidak terlalu sibuk dengan urusan dunia. Kita perlu menyeimbangkan kegiatan untuk dunia dan untuk kepentingan akhirat kelak.

Menghindari kerumunan mengingatkan kita untuk menyendiri guna muhasabah diri dan introspeksi diri. Sudah sejauh mana kita mempersiapkan bekal untuk hari esok di akhirat.

Penyerahan bantuan Pemerintah Nagari oleh Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto kepada pengurus Masjid Subulussalam Gazali Karani (matrapendidikan.com)

Di bagian akhir kegiatan Ketua TSR I Pemnag Pangian, Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto menyerahkan bantuan tunai sebesar Rp. 582.000,- kepada pengurus Masjid Subulussalam Patameh Pangian.***

0 Response to "Tim Safari Ramadhan Pemnag Pangian Kunjungi Masjid Subulussalam Patameh"

Posting Komentar