PTM Dimulai, Sekolah Terapkan Prokes Ketat

Ptm dimulai, sekolah terapkan prokes ketat - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di SMPN 2 Lintau Buo telah dimulai hari ini, Senin (24/5/2021). Namun prosentase kehadiran siswa Hari Pertama Sekolah (HPS) tersebut sangat rendah.

Anggota Satgas Covid-19, Susilawati, S.Pd cek suhu tubuh siswa dengan termo-gun (matrapendidikan.com)

Data presensi siswa yang diperoleh melalui guru piket harian, Hasma Umneti, S.Pd.Ing menunjukkan hanya sekitar 50 porsen yang hadir di sekolah. Sedangkan kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan mencapai 100 porsen.

Kepatuhan siswa menerapkan protokol kesehatan (Prokes); 3 M (Mengenakan Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) mencapai 80 porsen.

Hal itu karena para wali kelas sudah mengkondisikan siswa sebelum dimulainya PTM di HPS melalui Grup WhatSapp.

Disamping itu, para wali kelas juga sudah menyediakan cairan handsanitizer 1 botol. Namun sarana cuci tangan di depan setiap kelas juga sudah standby.

Prosentase kepatuhan siswa dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 terdata saat pengecekan suhu tubuh setiap siswa oleh anggota Satgas Covid-19 unit SMPN 2 Lintau Buo.

Pada HPS, pihak sekolah mencoba PTM uji coba sistem shift, dengan menghadirkan siswa separuh dari kapasitas ruang kelas. Namun hari berikutnya akan menghadirkan semua siswa.

"Hari pertama kita coba menerapkan sistem shift. Setelah itu diberlakukan tanpa shift karena siswa kita memang jumlahnya tidak begitu banyak," sampai Titin Susilawati, S.Pd, Kepsek SMPN 2 Lintau Buo kepada matrapendidikan.com.

Kapasitas siswa dalam satu ruangan tetap 50 persen sehingga jumlah ruangan harus terpakai dua kali lipat dari sekarang.

Selain pengetatan protokol kesehatan Covid-19, guru juga menertibkan siswa dalam berpakaian dan berpenampilan di sekolah.

Hal ini sejalan dengan upaya penanaman disiplin sekolah dan karakter siswa.

Ops! Jangan lupa membawa dan mengenakan masker pelindung untuk mencegah penyebaran virus Corona!***

0 Response to "PTM Dimulai, Sekolah Terapkan Prokes Ketat"

Posting Komentar