Terapkan Prokes Covid-19, Sholat Gerhana Bulan Juga Dilaksanakan di Masjid Subulussalam Patameh Nagari Pangian

Terapkan prokes covid-19, Shalat gerhana bulan juga dilaksanakan di masjid subulussalam patameh nagari pangian - Ketika terjadi gerhana, baik gerhana matahari maupun bulan dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana. Sementara itu jemaah Masjid Subulussalam Patameh Kenagarian Pangian Lintau Buo Kab. Tanah Datar, juga melaksanakan sholat sunnah gerhana bulan (khusuful qomar), Rabu (26/5/2021).

Ilustrasi gerhana bulan (pexels.com)

Sholat sunnah gerhana bulan dilaksanakan sebanyak dua rakaat dan setelah itu dilanjutkan dengan kutbah yang disampaikan oleh imam.

Sholat khusuful qomar yang dilaksakan usai sholat Magrib dan memenuhi protokol kesehatan Covid-19 itu diimami oleh ustadz Drs. Amru KS. 

Usai sholat sunnah gerhana bulan dilanjutkan dengan kutbah oleh imam. Dalam kutbahnya imam mengajak kembali agar jemaah untuk selalu menyeru kebesaran Allah SWT. 

Gerhana bulan maupun gerhana matahari adalah tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Tidak ada kaitannya dengan kematian atau kelahiran seseorang.

Allah telah memerintahkan bulan dan matahari serta benda langit lainnya untuk beredar pada bidang edarnya masing-masing. 

Namun pada waktu tertentu, baik bayangan bulan maupun matahari akan terhalang sampai ke bumi.

Pada malam ini adalah hari ke-14 di bulan Syawal 1442 H telah terjadi gerhana bulan total disebut juga gerhana bulan purnama.

Cahaya bulan ke bumi terhalang oleh bayangan bumi. Posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam posisi sejajar.

Dalam hal menyeru kebesaran dan kekuasaan Allah, Imam Drs. Amru KS mencontohkan beberapa ucapan yang menyeru kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Ketika ditimpa musibah diucapkan Innalillahi wa innailairaji'un, memulai pekerjaan dengan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah.

Tentu saja masih banyak ucapan-ucapan yang disunnahkan dalam penyeruan kepada kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Pada gilirannya, gerhana bulan yang terjadi malam ini mengandung hikmah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.***

0 Response to "Terapkan Prokes Covid-19, Sholat Gerhana Bulan Juga Dilaksanakan di Masjid Subulussalam Patameh Nagari Pangian"

Posting Komentar