Sholat Ied di Masjid Nurul Iman Tigo Jangko Terapkan Prokes Ketat

Shalat ied di masjid nurul iman tigo jangko terapkan prokes ketat - H.Kamiludin, S.Pd.I, Guru salah satu madrasah di Kecamatan Rambatan, bertindak sebagai khatib sholat ied di Masjid Nurul Iman Jorong Rajawali Tigo Jangko Lintau Buo Kab. Tanah Datar Sebagai natera Barat, Kamis (13/5/2021).

Suasana di bagian luar masjid sebelum dimulainya sholat Ied (matrapendidikan.com)

Sementara itu bertindak sebagai Imam sholat Ied adalah Imam Syafrudin. Pelaksanaan sholat Ied di masjid yang baru saja mengalami peningkatan status dari surau/musholla ini berjalan sesuai protokol kesehatan (Prokes) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Arlis Anwar, S.Pd selaku ketua pengurus masjid dan dipandu J. Dt. Putiah menyampaikan sambutan tentang penyelenggaraan sholat Ied di Masjid Nurul Iman Nagari Tigo Jangko.

Hikmah idul fitri

Dalam kutbah idul fitri sekitar 20 menit sesuai protokol kesehatan dari pemerintah, khatib menyampaikan beberapa hikmah hari raya Idul Fitri.

"Hari Raya Idul Fitri menjadi hari yang menggembirakan dan perlu disyukuri. Selama sebulan penuh kita menunaikan ibadah di bulan Ramadhan. Mulai dari berpuasa sampai melaksanakan qiyamullail seperti sholat tarwih, witir, tadarus dan sebagainya." sampai khatib antara lain.

Khatib kembali menyinggung tradisi dan kebiasaan masyarakat pada malam takbiran dan usai sholat ied. Namun semuanya itu tidaklah melalaikan hal-hal yang penting dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya H.Kamiluddin, S.Pd.I juga mengutarakan hikmah Idul Fitri sebagai tanda keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. 

"Puasa merupakan ibadah istimewa jika dibandingkan ibadah lainnya seperti sholat, zakat dan naik haji. Hanya Allah SWT yang mengetahui bahwa hambanya benar-benar berpuasa dengan ikhlas," tambah khatib.

Hikmah lain dari Hari Raya Idul Fitri adalah menjalin kebersamaan dan silaturrahmi. Dengan bersilaturrahmi umur akan panjang dan rizki dimudahkan Allah. 

Khatib mencontohkan orang yang banyak menjalin silaturrahmi akan banyak memiliki sahabat. Hal itu akan terlihat saat seseorang ditimpa musibah ataupun melaksanakan pesta dan hajatan lainnya.

Jemaah patuhi protokol kesehatan

Petugas mengecek suhu tubuh jamaah yang memasuki area masjid (matrapendidikan.com)

Berdasarkan pengamatan matrapendidikan.com, jemaah sholat Ied di Masjid Nurul Iman Tigo Jangko sudah memenuhi persyaratan yang dianjurkan oleh pemerintah melalui MUI Tanah Datar maupun MUI Sumbar.

Jemaah sudah mengenakan masker pengaman, membawa sajadah atau alas sholat, berwuduk di rumah dan langsung pulang usai sholat dan tidak berjabatan tangan.

Sementara itu panitia dan pengurus masjid sudah menyediakan handsanitizer dan masker cadangan. Sebelum masuk area masjid, setiap jamaah terlebih dulu menjalani pengecekan suhu tubuh oleh petugas yang ditunjuk.***

0 Response to "Sholat Ied di Masjid Nurul Iman Tigo Jangko Terapkan Prokes Ketat"

Posting Komentar