Jangan Anggap Remeh Buah Pisang!

Jangan anggap remeh buah pisang! - Pengelola tanaman buah di SMPN 2 Lintau Buo, Ropi'u, S.Pd sempat bicara agak nyeleneh agar tidak 'main-main' dengan buah pisang!

Jangan anggap remeh buah pisang! (Ropi'u/matrapendidikan)

"Jangan main-main dengan buah pisang ini, pak." tuturnya usai memanen buah pisang yang masih berwarna hijau di sekitar area lingkungan sekolah.

Pisang berkulit warna hijau itu menarik perhatian matrapendidikan.com. Apa yang dikatakan Ropi'u, S.Pd, yang juga Waka Kurikulum SMPN 2 Lintau Buo itu ternyataada juga benarnya.

Tentu saja bukan soal bentuk penampakan dan warna pisang melainkan manfaat buah pisang dari aspek ekonomi dan kesehatan.

Kesejahteraan warga sekolah

Lokasi SMPN 2 Lintau Buo relatif luas dan hijau. Di pinggiran pagar bagian belakang gedung belajar sengaja dimanfaatkan dengan budidaya berbagai tanaman buah dan sayur.

Sebutlah pisang, pepaya dan singkong.

Buah dan daun singkong sudah dimanfaatkan untuk penambah kesejahteraan para guru dan pegawai. Sudah sering dipasarkan ke rumah makan di sekitarnya.

Buah pisang yang jadi topik pembahasan juga tak kalah menarik perhatian.

Ketika panen, buah pisang tak sempat lagi dijual ke masyarakat. Para guru dan pegawai justru berebut untuk membeli pisang yang belum matang tersebut.

Hasilnya digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan konsumsi harian para guru dan pegawai di sekolah.

Ya, maklumlah. Saat ini tidak ada lagi alokasi dana untuk insentif kegiatan guru maupun pegawai di sekolah.

Pada waktu tertentu, singkong dan buah pisang diolah di sekolah menjadi penganan mengundang selera.

Manfaat dan khasiat buah pisang

Sementara ditinjau dari aspek kesehatan ternyata buah pisang banyak khasiat dan manfaatnya.

Misalnya, pelancar metabolisme tubuh, meningkatkan imun tubuh, melancarkan asupan oksigen ke otak, mengatasi anemia dan masih banyak yang lainnya.

Masih mau bermain pisang, eh.... menganggap remeh pisang? Tentu saja pengunjung juga sudah memahami manfaat dan khasiat buah pisang!***

0 Response to "Jangan Anggap Remeh Buah Pisang!"

Posting Komentar