Sekilas Tentang Pesantren Moderen

Sekilas tentang pesantren moderen - Pesantren  ialah sekolah berbasis pondok yang mempelajari ilmu agama juga ilmu pengetahuan umum. Dari kata moderen sendiri dapat kita pahami bahwa pesantren moderen ialah pesantren yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama kepada peserta didiknya tapi juga mengajarkan ilmu pengetahuan yang lain.

Pesantren berbeda dengan sekolah pada umumnya. Di pondok pesantren peserta didik dianjurkan untuk tinggal di asrama yang biasanya telah disediakan pihak pesantren. 

Yang mana peraturan ini bertujuan untuk mempermudah pengontrolan peserta didik dalam keseharian. 

Selain itu untuk mempermudah proses pembelajaran tambahan yang bisa saja di lakukan sewaktu-waktu diluar jam sekolah dan juga sebagai tindak perlindungan terhadap pergaulan peserta didik yang mana insyaallah akan lebih terjaga ketika didalam pesantren dibandingkan dunia luar.

Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak tersebar sekolah berbasis pondok pesantren. Baik pondok pesantren tradisional maupun pondok pesantren moderen.

Perbedaan pondok pesantren tradisional dan pondok pesantren moderen ialah pada sistem pembelajaran dan  kebiasaan kebiasaan sehari-hari, seperti halnya pondok pesantren moderen lebih menggunakan buku buku  pembelajaran yang sudah lumrah atau banyak tersebar di masyarakat dan juga mengajarkan ilmu ilmu pengetahuan umum seperti sekolah pada umumnya. Sementara pondok pesantren tradisional lebih berfokus pada kitab turun temurun  di dunia perpondokan seperti kitab kuning dan lain sebagainya.

Pondok pesantren moderen mengedepankan banyak aspek dalam membina peserta didiknya. Salah satunya dengan menerapkan sistem wajib berbahasa Arab maupun Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Tujuan agar para peserta didik mahir dan terbiasa berbicara menggunakan bahasa asing dan menjadikan peserta didik lulusan pondok pesantren moderen mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan pondok pesantren tradisional maupun sekolah umum lainnya.*** (Kiriman : Mutiara Nari Putri, Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah (STIT) Madani, Yogyakarta.

0 Response to "Sekilas Tentang Pesantren Moderen"

Posting Komentar